Mulai 1 Agustus 2018 Pendakian Rinjani Wajib Melalui Trekking Organizer Resmi

10.57 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Rinjani adalah salah satu gunung eksotik yang menarik banyak pendaki untuk bisa menjejakkan kaki dan menjelajah keindahannya. Keindahan gunung Rinjani bahkan sudah diakui oleh UNESCO dengan dimasukkannya sebagai Global Geopark.

Terkait dengan pendakian ke gunung Rinjani, mulai 1 Agustus 2018 akan mulai diberlakukan beberapa aturan baru yang bersifat teknis maupun non teknis.

Beberapa di antaranya yaitu :

1. Setiap pengunjung wajib registrasi melalui Trekking Organizer (TO) yang sudah tercantum sebagai mitra Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan memiliki Izin Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA). TO yang resmi dapat di cek melalui kartu keanggotaan yang di terbitkan TNGR. Silahkan cek Daftar Trekking Organizer yang sudah resmi terdaftar sebagai disini.


2.Biaya kenaikan tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang akan diberlakukan mulai tanggal 1 Agustus 2018, yakni untuk wisatawan lokal sebesar Rp 5000/hari biasa dan Rp 7500/hari libur, sedangkan untuk wisatawan asing Rp 150.000/ hari biasa dan Rp 250.000/hari libur.

Biaya tersebut belum termasuk biaya permit dan asuransi. Nantinya dari fee tersebut, TO akan berkontribusi terhadap pajak daerah dan mengurus segala keperluan tim yang di daftarkannya. Dan jika terjadi hal-hal diluar dugaan terhadap tim pendaki maka TO tersebut wajib turut serta menyelesaikan.

3. Taman Nasional akan melakukan sosialisasi terkait peraturan ini termasuk masalah eticketing



4. Setiap porter yang di sewa jasanya oleh tim pendaki wajib memiliki kartu keanggotaan resmi yang terbitan TNGR. Jika porter tersebut tidak memiliki kartu anggota maka petugas di pos jaga pendakian tidak akan membolehkannya naik kecuali ada rekomendasi khusus dari ketua paguyuban porter.

5. Pastikan kamu mengantongi permit sesuai durasi pendakian yang telah di validasi, karena nantinya di beberapa titik akan ada kontrol dan pemeriksaan terhadap permit tersebut.

6. Setiap pengunjung akan di edukasi mengenai teknik pengemasan sampah yang efisien dan di wajibkan membawanya turun untuk kemudian di cek oleh petugas.

Demikian semoga bermanfaat.

Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)