Penyebab Letusan Freatik Gunung Merapi

19.01 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Pagi tadi sekitar pukul 07:50 gunung Merapi terjadi letusan Freatik yang mengakibatkan gempa dan juga kepulan awan panas dari kawahnya, meskipun sebelumnya tidak ada tanda-tanda bakal terjadi letusan.

Menurut kepala BPPTKG Hanik Humaida letusan dipicu oleh tekanan dari akumulasi gas dan uap air. Akumulasi tekanan itu kemudian mendorong material vulkanis sisa erupsi 2010.



"Uap air dan gas terakumulasi kemudian mendobrak sisa material ( erupsi 2010 ) yang ada di dalam Gunung Merapi.

Asap berwarna putih karena yang diembuskan berupa uap air dan abu. Abu itu karena adanya material-material lama yang terdorong adanya gas dari dalam".

"Berbeda dengan letusan magmatik pada 2010 yang dipicu aktivitas magma dari perut Merapi, menurut dia, letusan freatik hampir tidak bisa diprediksikan sebelumnya dengan berbagai peralatan kegunungapian yang dimiliki BPPTKG saat ini. Hal itu, menurut dia, karena sangat singkatnya gejala awal (prekursor) dengan letusan yang ada sehingga tidak bisa terdeteksi.

Mudah-mudahan dengan teknologi ke depan kita bisa membangun teori-teori yang membuat kami bisa memprediksi (letusan freatik)".

Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)