Merapi Meletus, Ratusan Pendaki Ada Di Area Pendakian

11.36 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Pagi-pagi handphone bergetar, berbunyi lebih sering pada pagi ini. Awalnya saya kurang fokus pada bunyi-bunyial tersebut, karena sedang asyik menjalani rutinitas pagi.

Saat semua telah selesai, saya coba untuk membuka handphone yang dari jam 02:10 dinihari tadi tergeletak di meja, samping laptop.

Saat dibuka, ada banyak pesan dari teman-teman yang menyampaikan info kalau gunung Merapi meletus.



Tanpa membalas pesan-pesan tersebut, saya sedikit merenung. Apa iya ya perasaan dari kemarin gak ada info tentang peningkatan aktifitas gunung Merapi? Tapi kok ini pesan dari banyak teman?

Memang benar, gunung Merapi meletus pagi ini. Masyarakat disekitar kaki gunung Merapi dihebohkan oleh asap yang membubung tinggi dari puncaknya.

Dari informasi yang saya peroleh, ternyata gunung Merapi terjadi letusan freatik.
Erupsi Freatik adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma baik secara langsung ataupun tidak langsung. Erupsi Freatik terjadi ketika adanya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma di dalam bumi.

Panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap, dan ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung, maka akan terjadi letusan.

Letusan Freatik adalah suatu aktifitas normal dari suatu gunung berapi. Masalahnya ada banyak pendaki yang sedang mendaki Merapi. Setidaknya ada 160 orang pendaki, meskipun mereka dilarang untuk mendaki sampai puncak.

Semoga mereka baik-baik saja dan saat ini rekan tim Barameru sedang bergerak naik untuk memastikan kondisi para pendaki.


Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)