Fungsi dan Manfaat Lumut Saat Beraktifitas Dialam Bebas

10.06 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Saat kita ada di alam bebas, wajib hukumnya bagi kita untuk bisa bertahan hidup ( survival ) dengan memanfaatkan berbagai macam tumbuhan ataupun hewan yang ada disana.

Banyak jenis hewan atau binatang yang bisa kita manfaatkan untuk bertahan hidup sebagai sumber energi. Begitu juga dengan jenis dari tumbuhan, salah satunya adalah lumut.

Ternyata lumut bisa kita manfaatkan untuk banyak hal, diantaranya adalah sebagai :

Lumut


1. Sebagai Sumber Air

Haus?? Cadangan air habis?? Kondisi darurat ?? Kumpulkan lumut (mosses) yang masih basah dan peras di atas bahan kain yang bersih sebagai saringan. Kumpulkan airnya di wadah untuk diminum

2. Penunjuk Arah Mata Angin ( Barat )
Coba perhatikan ketika kita berada di tengah hutan, Lumut akan selalu tumbuh ke arah Barat. Mari saya jelaskan - Tumbuhan selalu memerlukan matahari untuk berfotosintesis dan tetap hidup, maka dari itu pepohonan dengan daun yang lebat mengarah ke hadapan datangnya matahari terbit (Timur).

Sedangkan Lumut, membutuhkan kelembaban untuk tumbuh, so that's why.. lumut selalu mencari area yang tidak terkena matahari secara langsung. Ia akan menunjukkan arah Barat dimana matahari selalu lebih rendah ketika akan tenggelam

3. Penunjuk Sumber Air
Lumut hidup dengan menyerap air tidak dari tanah secara langsung, tetapi dari permukaan yang basah. Ini karena lumut merupakan tumbuhan sederhana dari semua species tumbuhan.

Semakin banyak dan rapatnya vegetasi lumut diatas tanah dan bebatuan, maka semakin dekat juga sumber air.

4. Pengganti Kapas Untuk Pembalutan Luka

Daya serap lumut yang tinggi dapat difungsikan sebagai "spon" atau "kapas", ketika kita mendapatkan luka sobek dapat dibalut dengan menggunakan lumut kering dibalut dengan kain, bahkan beberapa jenis Lumut memiliki zat antiseptik dan berdasar penelitian, ekstrak lumut dapat digunakan sebagai pengobatan beberapa penyakit (mis : Hepatitis)

5. Sebagai Bahan Serap Untuk Pembalut (Menstruasi)

Lagi datang haid ketika asik asiknya di puncak gunung?? Lupa ga bawa pembalut?? Cari lumut kering, bungkus di slayer / kain bersih. Gunakan sebagai pembalut emergency, ketika mulai penuh.

Buang lumut dan bersihkan kain pembungkusnya, keringkan, ganti. Dengan begini, kita juga mengurangi sampah dari kertas (woven) pembalut yang kita pakai.

6. Sebagai Tissue ( Antiseptic )

Daripada pake tisu basah, mending gunakan lumut sebagai penggantinya.  Lumut Basah dahulu untuk membersihkan kotoran, disusul dengan lumut kering untuk membersihkan sisa.

Bonus tambahan : Kandungan di dalam lumut juga dapat menyembunyikan bau poop / feses.

Caranya : Gali Lubang. Bersihkan dengan lumut. Buang lumut ke dalam lubang. Timbun. [diteruskan dari catatan Ika A.W]

7. Sebagai Element Water Filter

Lumut juga dapat di fungsikan sebagai salah satu elemen water filter alami berdampingan dengan arang api aktif.

8. Sebagai Tinder
Lumut kering bisa juga di manfaatkan sebagai tinder saat proses fire crafting.

Share dengan sesama penggiat alam bebas. Semoga bermanfaat, jabat salam topi rimba!  — bersama Afifah Minoz.  Dibagikan dari halaman Bushcraft Indonesia.

Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)