Belajar Dari Tragedi Bawakaraeng. Persiapkan Pendakian Semaksimal Mungkin

12.41 Heru Joherujo 0 Comments


Yes Outdoor : Belum lama ini kita dikejutkan dengan tragedi pendaki mengalami hipotermia di Pos 8 Bawakaraeng yang menimpa 3 orang pendaki perempuan malang akibat ditinggalkan rekan pendakian mereka menuju puncak.

Saat itu konon jumlah rekan pendakian tersebut berjuamlah besar, yaitu 22 orang, tapi rekan laki-laki meninggalkan mereka karena ingin mencapai puncak.



Memang terkadang banyaknya rekan pendakian tidak menjadi jaminan semua sampai puncak, atau semua bisa naik dan turun dengan selamat.

Yang pasti dengan makin banyaknya peserta pendakian, berarti membutuhkan management yang harus lebih baik lagi untuk mengelola pendakian tersebut.

Terkait adanya kejadian seperti di Bawakaraeng tersebut hal itu adalah sebuah pelajaran besar untuk kita yang mencintai kegiatan outdoor, khususnya untuk yang bertanggung jawab dalam management pendakian dengan kelompok besar. Semoga tidak terulang kejadian serupa dimasa yang akan datang.


Terkait jumlah pendaki yang ikut dalam suatu pendakian sebenarnya pernah kita ulas di blog ini, tepatnya di artikel Ketika Orang Tua Dihadapkan 2 Pilihan Anaknya Untuk Naik Gunung.


Pendakian gunung merupakan suatu kegiatan yang bukan sekedar having fun, tapi perlu persiapan fisik dan mental, pengetahuan dan management yang baik.

Jangan terjebak oleh keinginan mendaki tanpa dibekali dengan fisik, mental, pengetahuan tentang pendakian dan management yang baik. Memilih rekan pendakian juga punya andil besar untuk kesuksesan pendakian kita. Belajar Dari Tragedi Bawakaraeng. Persiapkan Pendakian Semaksimal Mungkin


Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)