Berpacu Menyelamatkan Ranupani di Kaki Semeru

15.18 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Kemarin kita mengulas kegalauan kawan kita tentang keinginannya mencumbui pasir puncak tertinggi pulau Jawa, tapi apa daya keinginannya seolah terhalang oleh satu layer berupa larangan mendaki sampai puncaknya.

Ya kalau mau tetap mendaki, nikmatilah pendakian sampai Pos Kalimati. Toh jika melakukan pendakian gunung Semeru kita akan disajikan berbagai macam keindahan alam yang memanjakan mata kita?

Kita bisa bermalam di ranu Kumbolo misalnya, menikmati danau di ketinggian. Menikmati indahnya sajian alam, bukit dan bintang-bintang ataupun bulan yang terang jika kita beruntung dan memilih waktu pendakian yang tepat.



Gerakan Bersih Ranu Pani, Berpacu Menyelamatkan Ranupani di Kaki Semeru

Jangan  cuma mikirin mendaki Semeru dan menikmati Ranu Kumbolo ya? Karena dibawah juga ada  ranu yang wajib untuk dijaga kelestariannya. Ya, ada Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Nah, khusus untuk Ranu Pani, besok Minggu, 29 April 2018, rencananya akan ada gerakan gotong royong membersihkan ranu tersebut, dikarenakan kondisi saat ini yang dinilai adanya penurunan kualitas.

Ranu tersebut saat ini semakin tertutup oleh tanaman paku air kiambang atau Salvinia molesta, juga kedalaman yang berkurang dari semua sekitar 12 meter menjadi hanya 6 meter.

Sementara itu  luasnya menyusut dari semula 6,7 hektare (ha) kini hanya tersisa sekitar 4,7 ha. Hal ini juga sangat berpengaruh pada kelestarian ekosistem di lereng gunung Semeru.



Kepala Subbagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan, pengelola taman nasional bersama sejumlah komunitas akan membersihkan Ranupani dari sedimentasi dan kiambang.

Jadi jika berkesempatan ikut dalam kegiatan tersebut, gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Ingat ya.. Gotong royong membersihkan Ranupani ini digelar pada Minggu, 29 April 2018. Karena kegiatan tersebut juga mengajak peran serta masyarakat dan komunitas pencinta lingkungan untuk bersama terlibat bergotong royong.

 

Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)