Yuk Ikut Kursus Singkat X 2018 NAVIGASI DARAT

09.58 Heru Joherujo 0 Comments

Yes Outdoor : Satu lagi kesempatan emas datang buat kita yang ingin belajar Navigasi Darat karena dalam waktu dekat ini akan dibuka kursus navigasi darat.

Seperti kita ketahui, navigasi darat merupakan salah satu ilmu penting yang wajib dimiliki untuk semua yang aktif berkegiatan di alam terbuka.Salah satu yang akan dibahas dalam kursus navigasi tersebut adalah Peta Topografi.

Kursus Singkat Navigasi Darat

Peta Topografi pada awalnya dibuat untuk kebutuhan militer sehingga  dirahasiakan untuk umum. Seiring perkembangan jaman dan tingginya kebutuhan publik dari berbagai profesi dan hobby terhadap peta tersebut maka peta ini disesuaikan untuk kepentingan publik.

Peta Topografi menggambarkan unsur-unsur alam dan buatan manusia yang berada di atas permukaan bumi dengan proyeksi tertentu menurut skalanya.

Peta topografi tingkat akurasinya dapat dipertanggung jawabkan secara visual-matematis karena dibuat dari beberapa disiplin ilmu, diantaranya :
  1. Geodesi 
  2. Fotogrametri
  3. Geografi
  4. Kartografi
  5. Grafika
  6. Toponomi dan lainnya.
Peta Topografi

Peta Topografi menyediakan data yang diperlukan tentang sudut kemiringan medan, elevasi, DAS, vegetasi, pola urbanisasi, dan ciri khas permukaan bumi dalam batas skala tertentu.

Peta Topografi memetakan tempat-tempat di permukaan bumi yang berketinggian sama dari permukaan laut, menjadi garis-garis yang beraturan satu dengan lainnya.

Garis-garis ketinggian tersebut dinamakan "counturs atau kontur". Kontur ini selain menggambarkan ketinggian garis-garis di permukaan bumi juga menggambarkan bentuk medan di lapangan.

Minimal ada 3 jenis peta topografi yang pernah dicetak di Indonesia, sebagian masih digunakan oleh beberapa kalangan/profesi, yaitu :
1. Peta Topografi AMS, buatan U.S AMS
2. Peta Topografi buatan Jantop TNI AD
3. Peta Topografi buatan Bakosurtanal, biasa dsebut PETA RBI


Kursus Singkat X 2018 NAVIGASI DARAT
  • Map Reading
  • Navigasi Menggunakan Appl. GPS Android
  • Tipe I dan III dalam Pergerakan Navigasi

Waktu Pelaksanaan : 30 Maret - 1 April 2018
Lokasi : Kawasan Hutan-Gunung Pegunungan SM. Sawal - Ciamis Jabar

#Ppgpr_HIRA
#RainForest

#bang_Harun
#09022018

Baca Juga Yang Ini

0 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)