05 September 2017

Waspada Terjadinya Kebakaran Hutan

Yes Outdoor : Saat  masuk puncak musim kemarau seperti sekarang ini, salah satu hal yang wajib diperhatikan dan diwaspadai adalah kebakaran lahan, baik itu hutan maupun gunung.

Kita semua tentu menyadari akan potensi kebakaran hutan tersebut, terlebih di gunung-gunung yang memiliki hutan kering.

Hutan-hutan ataupun semak belukar sewaktu-waktu bisa terbakar, baik oleh aktivitas alam ( secara alami karena efek temperatur panas akibat teriknya matahari ditambah tiupan angin yang kencang) ataupun oleh kesalahan / kecerobohan orang-orang yang beraktivitas di alam terbuka, bukan cuma pendaki tetapi semua orang yang memang beraktivitas di alam.


Jangan sesekali membakar lahan, karena percikan api yang tertiup angin akan bisa menjadi pemicu kebakaran.

Hindari untuk membuat api, jangan meninggalkan bara ketika kita beraktivitas dialam bebas, karena bisa jadi itu sebagai pemicu timbulnya api yang lebih besar.

Banyak lokasi gunung, khususnya di area Jawa Tengah yang rawan terbakar. Diantaranya adalah kawasan gunung Lawu, Merbabu, Sumbing, Sindoro dll.

Ada baiknya gunung-gunung yang  berhutan gundul, untuk segera dilakukan penutupan aktivitas pendakian untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan, ataupun menghindari adanya pendaki yang terjebak api saat melakukan pendakian.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)