25 Juli 2017

Jangan Terulang Lagi Kasus Petik Edelweis!

Yes Outdoor :Belakangan ini kembali marak kasus tangan-tangan jahil dan tak bertanggung jawab dijagad pergunungan wkk.. dengan melakukan tindakan perusakan dalam bentuk memetik bunga edelweiss bahkan ada yang sampai mencabut keakar-akarnya.

Seolah sudah gak jalan lagi logika dan acuh atau mungkin gak kenal dengan Kode Etik Pecinta Alam sebagai salah satu nilai yang harus dijunjung tinggi oleh para pecinta alam termasuk pendaki gunung.

Apa yang ada difikiran mereka para pendaki dan mereka yang mengaku pecinta alam dengan melakukan ( memetik & mencabut ) edelweiss seperti orang kalap gak berfikir panjang?


Terkenal karena keindahannya dan tak mudah layu, edelweis menyandang julukan sebagai bunga abadi. Tapi apa yang terjadi adalah sesuatu yang sangat disayangkan karena julukan itu malah berakibat pada kelestariannya! Contoh kasus-kasus diatas adalah penyebabnya!

Makanya, jangan mau lagi dibodohi dengan modus yang bermodal bunga abadi. Lebih baik milih bunga deposito!

Kenapa? Karena mereka yang menggunakan edelweiss, secara langsung atau tidak telah melanggar undang-undang, merusak kelestarian alam dan gak sesuai dengan Kode Etik Pecinta Alam!


Tindakan memetik bunga Edelweiss bukan hanya merusak lingkungan dan melanggar kode etik Pencinta Alam, tapi juga melanggar hukum, yaitu  Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Pasal 21.



Jangan mau terlibat langsung atau tidak langsung dengan pelanggaran tersebut hanya karena menerima edelweiss sebagai "sebuah tanda!".



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)