07 Juni 2017

Tips Mendaki Saat Berpuasa

Yes Outdoor : Mendaki gunung memang menjadi sebuah aktivitas yang unik, dalam arti kita yang gemar dengan pendakian kadang tidak ada alasan untuk libur dan ketika hasrat untuk mendaki datang, meskipun di bulan puasa sekalipun kita seolah-olah harus melakukan pendakian tersebut. Alamaak.. hehe..

Paling tidak hal itu berlaku untuk saya pribadi,  tapi dulu ya :) sekarang udah lebih jinak haha.. Tulisan ini mungkin berhubungan dengan bulan ramadhan tahun ini, jadinya ya kita bahas, siapa tahu ada yang lagi merasakan pengin naik gunung di bulan ramadhan hehe..

Naik gunung bukanlah menaklukkan alam, tetapi menaklukkan diri sendiri

Sah-sah aja mendaki di bulan ramadhan, tapi sebagai seorang muslim harus memperhatikan berbagai aspek, agar kita tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Berikut ini beberapa yang bisa jadi pertimbangan :

1. Fisik dan mental yang prima
Sudah bukan rahasia lagi kalau fisik dan mental memiliki peran vital saat kita melakukan pendakian. Jika salah satunya tidak prima lebih baik urungkan niat untuk mendaki.
Gunung Andong

2. Perlengkapan,  Peralatan dan Perbekalan
Jika fisik dan mental kita siap, selanjutnya kita wajib membawa serta perlengkapan dan peralatan sesuai standar. Jangan lupa packing dengan benar.

3. Tentukan Gunung Yang Akan Didaki
Dalam menentukan pilihan gunung yang mau didaki, sebaiknya kita memilih gunung dengan kriteria :

  • Track bersahabat, tidak terlalu banyak tanjakan
  • Waktu pendakian yang tidak terlalu lama
  • Memiliki pemandangan yang indah
Pilihlah misalnya adalah gunung Prau, Papandayan, gunung Andong, Ungaran dll.

4. Menentukan Waktu Pendakian
Kita harus bisa memilih waktu pendakian terbaik. Pendakian siang atau malam. Pilihlah waktu pendakian yang tidak mengganggu puasa kita. Biasanya saat selepas maghrib hingga menjelang subuh.

Diluar itu, sebaiknya kita beristirahat dengan hanya melakukan aktivitas ringan. Ada baiknya kita manfaatkan waktu istirahat tersebut untuk kegiatan yang ada hubungannya dengan ibadah, dan mendekatkan diri dengan Allah SWT sang pemilik alam.

5. Mendaki Bersama Teman
Usahakan untuk tidak mendaki sendiri, apalagi di bulan puasa. Kita akan membutuhkan teman untuk saling berbagi dan mengisi waktu selama pendakian. Lakuakn pendakian dengan minimal 3 orang, yang sama-sama berpuasa dan bisa saling menyemangati.

6. Nikmati perjalanan
Salah satu cara untuk sukses dalam pendakian adalah dengan menikmati perjalanan tersebut. Gak perlu kita memaksakan untuk cepat sampai yang ujung-ujungnya hanya menguras fisik.

Nikmatilah perjalanan sambil men-syukuri anugerah sang pencipta atas pemandangan alam yang indah ini.

Pastikan kita mendaki gunung dengan selalu memperhatikan faktor safety, sehingga perjalanan kita tetap aman dan nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)