23 Februari 2017

Pendakian Ke Gunung Merapi Akan Dibuka Jalur Baru

Yes Outdoor : Menarik sekali rasanya ketika ada informasi pembukaan jalur baru untuk bisa mendaki ke suatu gunung. Gak peduli udah berapa kali kita mendaki gunung tersebut.

Yang jelas dengan adanya jalur pendakian baru akan ada keuntungan juga, yang salah satunya adalah populasi pendaki yang terpusat pada satu jalur jika gak ada jalur alternatif lainnya.

Kebetulan nih, dari info yang ada, di gunung Merapi akan dibuka jalur baru pada Mei tahun ini. Jalur baru tersebut nantinya akan melewati Sapuangin di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Nah untuk yang suka perjalanan panjang, bisa coba deh jalur ini. Kenapa? Karena jarak tempuh yang lumayan lama. Sekitar 9 - 14 jam melewati 4 Pos pendakian yaitu yaitu posko 1, posko 2 untuk area camping, posko 3 di Watu Bolong, dan posko 4 di Pasar Bubrah.

Jalur Sapuangin

Jadi selain bisa melalui jalur Selo di Boyolali, tahun ini kita juga akan bisa mendaki merapi melalui jalur Sapuangin tersebut. Jelas ini akan bisa membuat konsentrasi pendaki terbagi tidak hanya pada satu jalur ( Selo ) saja untuk naik dan turun seperti saat ini, pasca erupsi 2010 yang menutup jalur-jalur pendakian lainnya, seperti jalur pendakian via Kinahrejo.

Gak Cuma Jalur Sapuangin 

Nah, konon kabarnya jalur yang akan dibuka juga tidak cuma jalur Sapuangin, tetapi juga akan menyusul jalur  desa Lendong yang ada di kecamatan Cepogo, masih di Boyolali. Tahu Cepogo kan? :) Itu tuh, jalur yang akan ke Selo jika mendaki Merapi atau Merbabu :)

Jalur Lendong ini nantinya akan difungsikan sebagai jalur rescue.

Back To Sapuangin

Jika akan memilih jalur sapu angin, satu hal yang harus diperhatikan adalah perlengkapan, peralatan dan perbekalan yang sesuai SOP pendakian. Hal ini karena jarak tempuh yang panjang.

Sebagai obatnya, melalui jalur ini kita akan bisa menikmati pemandangan yang indah, track yang lebih bersahabat dan pemandangan kota Yogyakarta pada malam hari serta puncak Merapi yang akan sering terlihat selama pendakian.

Penasaran? Iya deh :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)