03 Oktober 2016

Post Report Ceremony Gaspala 25 Tahun

Yes Outdoor : Halo pemirsa Yes Outdoor, portal untuk pecinta petualangan outdoor. Saya den Baguse Hari Satria kembali berbagi kisah, lebih tepatnya sih post report dari ceremony ulang tahun Gaspala ke 25.

Ini adalah sebuah pencapaian yang cukup panjang dari organisasi sispala (siswa pecinta alam) di SMAN 2 Kebumen sejak awal berdiri hingga saat ini.

Tidak mudah untuk bisa mencapai usia ke 25, banyak cobaan yang harus dihadapi alias susah senah dijalani bersama dengan satu tekat untuk bisa terus eksis menjadi wadah bagi para siswa yang memiliki minat dengan kegiatan kepecinta-alaman dan aktivitas outdoor lainnya.

Kalau aku ceritakan perjalanannya tentu tidak akab cukup waktu dan kalian bisa-bisa jenuh ngebacanya hehe.. Intinya dengan usia yang ke 25 ini, sudah cukup banyak merasakan asam garam sebuah organisasi yang terus dijalankan oleh berbagai generasi.

Berbagai prestasi juga telah banyak menghiasi salah satu ruang di sekolah juga di Posko Gaspala, yang bisa jadi sebagai tanda kerja keras dan prestasi untuk terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Sebenarnya, ultah gaspala ini sendiri secara faktual adalah pada 28 September. Tapi karena tidak bertepatan dengan hari libur, maka hanya sebuah ceremony kecil dari inisiatif anggotanya.

Ceremony Gaspala 25th

Oh iya, Gaspala bisa bertahan hingga kini juga tidak lepas dari kepedualian para alumni mereka yang tergabung dalam SIGMA ( Silaturahmi Alumni Gaspala ) trims brother untuk supportnya.

Kemarin pada 2 Oktober, Gaspala sempat mengadakan tasyakuran yang dikemas dalam sebuah acara santer alias satai dan ceria di sebuah cafe. Hal itu dikarenakan ruangan kelas yang biasanya bisa digunakan untuk acara-acara seremonial seperti silaturahmi maupun ulang tahun saat itu dipakai untuk kegiatan lain.

Jadinya pengurus mengambil inisiatif untuk melaksanakan acara syukuran ultah Gaspala 25 tersebut diluar sekolah.

Post Report


Assalamualaikum wr wb,
Salam lestari..
Alhamdulillah,di hari ini kita semua dapat berkumpul,untuk sebuah acara sederhana tapi bermakna bagi kita yg terlibat di dalamnya.

Trimakasih atas kehadiran pak Abyadi selaku pembina,juga teman-teman, saudara,adik-adik Gaspala, baik calon anggota muda,anggota muda,juga para pengurus Gaspala.

Gaspala adalahsebuah wadah bagi siswa-siswi SMAN 2 Kebumen, yang mana menitikberatkan pada kegiatan outdoor, alam bebas, penggiat alam.

Cikal bakal berdirinya diwarnai perjuangan tak kenal lelah oleh para pendiri dan perintis organisasi ini.

25tahun, sebuah pencapaian panjang dalam proses kehidupannya, pastilah banyak diwarnai kisah-kisah, baik pahit, manis,suka, duka,sedih bahagia dan sejenisnya.

Layaknya seorang manusia, dimulai dari lahir, merangkak, berjalan, berlari, tentunya semua itu dibantu oleh orang tua.Begitu juga Gaspala dan juga organisasi manapun.

Tidak lepas dari peran serta pembina, guru, alumni. Terima kasih kami ucapkan kepada para pembina terdahulu, juga guru maupun simpatisan. Tak lupa juga kepada alumni, dalam hal ini adalah SIGMA.

Karena tidak dipungkiri, tanpa bimbingan kalian, pastilah Gaspala tidak dapat berdiri sampai sejauh ini.

Jika kita menengok ke belakang, tentunya banyak kisah-kisah yang bisa dijadikan pengalaman, namun yakinlah, itu semua bukti kalau alumni masih setia, masih sayang, masih respek kepada Gaspala.

Bukan maksud kami untuk menggurui, tapi itu semua perlu diberikan, sebagai bahan renungan atau cerminan.

Di usia yang ke 25 ini, yang jugg tidak jauh beda dengan umur SMAN 2 Kebumen, yang juga baru saja merayakan hut-nya ke 27, semoga engkau dapat terus berjalan, bahkan berlari.. Teruslah berkarya dan semoga apa yang engkau lakukan bermanfaat.

Dan yakinlah, tidak ada perjuangan yang sia sia! Niscaya semua ini ada manfaatnya, entah di saat sekarang atau masa yang akan datang.

Akhir kata,selamat ulang tahun Gaspala.
Wassalamualaikum wr wb.

Perjalanan
Hari itu, 2 oktober 2016, Saya menghadiri acara hari ulang tahun Gaspala yang ke25. Berdasarkan undangan yang dishare oleh pengurus, acara dilaksanakan pukul 9 pagi di warung sop mba Ari 2 Jln Lingkar Selatan Kebumen.

Acara yang bisa dibilang berbeda dr sebelumnya, karena mereka (pengurus) ingin tampil "lebih" di Hut ke 25 ini. Biasanya sih diadakan di SMAN 2Kebumen.

Sebenernya hut Gaspala jatuh tanggal 28 Sept, brhubung tanggal itu bukan hari libur, jadinya untuk seremonial dibuat di tanggal 2 Oktober, begitu alasannya.

Oke, berikut cuplikan kegiatannya...

Pukul 9 pagi, saya sampai di lokasi Warung Sop Mba Ari 2. Setelah itu langsung absen dan membayar "tiket masuk" (dapet stiker lhoo + makan nasi sop special buat saya yang tanpa daging pake mendoan, karena saya gak tega makan daging).

Tidak lama hadir juga pak Abyadi selaku pembina, ditemani oleh beberapa teman/simpatisan Gaspala (Tim Pemasang Wall Gaspala).

Tepat pkl 9.45 acara dimulai, setelah sebelumnya ditampilkan pemutaran slideshow foto-foto kegiatan Gaspala dari a sampai z dari jaman kuna lereng sampai yang terbaru.

Sang mc mengawali kegiatan dengan memimpin bacaan basmalah bersama, dilanjut susunan kegiatan. Selanjutnya adalah sesi sambutan (ketupel, pembina, senior, alumni).

Cukup singkat, mengingat hampir semua tamu undangan belum sarapan (mungkin mereka sengaja mengandalkan makan pagi dari menu di acara ini, daripada nantinya gak habis dimakan haha..) jadi dibuat cepet aja sambutannya.

Selanjutnya sesi games
Dimana pemenang games ini berhak mendapat souvenir/hadiah dari pengurus. Macam-macam jenisnya, ada bandana multifungsi, kompor lapangan, sendok lipat, kaos Gaspala, kaos National Geo, daypack dll.

Oiya trimakasih kepada pak Abyadi yang sudah menjadi sponsor untuk beberapa jenis hadiah pada sesi ini.

Selanjutnya pukul 10 acara makan bersama. Menunya nasi sop, tempe mendoan, esteh. Stlh selesai makan-makan, dilanjut lagi dengan games (karena hadiah masih banyak).

Acara puncak yaitu tiup lilin dan pemotongan kue ultah, dengan diiringi doa bersama,kue dipotong oleh pembina.

Dan acara penutup adalah saling tukar kado, kalo yg satu ini saya gak ikutan, cukup foto2 aja wkkk.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)