05 Oktober 2016

Badai Menerjang Saat Summit mt. Merapi

Yes Outdoor : Sebelumnya w, Neng Rini telah sedikit mengisahkan pendakian ke Merapi menjelang akhir Juli yang lalu dimana ketika itu kami sempat terkena badai yang tiba-tiba lewat.

Tapi, begitulah cuaca saat mendaki terkadang memang tidak bisa diprediksi. Seperti waktu pendakian kemarin. Dari cerah kemudian dalam waktu singkat tiba-tiba berubah menjadi gelap dan angin bertiup cukup kencang.

Yap, badai kabut saat itu memaksa kami tidak bisa berlama-lama disekitar Pasar Bubrah gunung Merapi, karena selain tiupan angin yang kencang, pandangan juga sangat terbatas, belum lagi suhu yang terasa lebih dingin jika dibandingin dengan cuaca cerah.

Sebenarnya tidak disarankan untuk terus melanjutkan perjalanan ketika cuaca memang tidak bersahabat. Kami juga sempat mempertimbangkan itu, meski akhirnya memutuskan untuk coba melanjutkan perjalanan sambil mengukur sampai dimana batas kami.

Pendakian gunung Merapi
Cuaca cerah menjelang senja

Target kami memang Pasar Bubrah sebagai destinasi terakhir di Merapi, mengikuti aturan yang memang diterapkan disana setelah sempat terjadi musibah yang menimpa yang terjatuh ke kawah ketika berada di puncak.



Intinya, saat itu w benar-benar merasakan bagaimana harus berusaha keras untuk bisa sampai ke Pasar Bubrah dalam situasi yang bisa dibilang sulit. Untung ada yang ngasih pencerahan selama pendakian :)

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya menyimak visual dari dokumentasi yang kami ambil ketika pendakian kemarin.

Ohya, dokumentasi perjalanan tuh salah satu hal yang sebaiknya kita buat, karena akan bisa bermanfaat untuk kita maupun teman-teman yang akan melakukan perjalanan yang sama.

Dokumentasi itu bisa terdiri dari :
1. Catatan perjalanan
2. Foto
3. Video

Dengan adanya dokumentasi perjalanan, selain bisa digunakan sebagai petunjuk, bisa juga sebagai bahan evaluasi perjalanan sehingga jika ada kekurangannya akan bisa kita koreksi lagi untuk perjalanan berikutnya.

Terimakasih telah mengikuti kisah w ini semoga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)