20 September 2016

Cara Membuat Api Menggunakan Fire Starter

Yes Outdoor : Salah satu alat penting yang biasa digunakan dalam survival adalah Fire Starter.

Apa itu fire starter? Seperti namanya, ini adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk membuat api.

Tidak seperti halnya dengan korek api yang cenderung lebih mudah digunakan, tapi juga rentan dan tak jarang rusak atau susah menyala karena basah.

Fire starter akan mampu memercikkan bunga api ke benda kering yang lebih mudah terbakar, sehingga kita akan lebih mudah untuk menyalakan api.

Membuat api dengan fire starter


Dari kemampuannya tersebut, fire starter bisa diandalkan untuk latihan survival, khususnya saat latihan membuat api tanpa menggunakan korek.

Nah, kebetulan ada satu senior kita nih kang Bayu Montana yang sempat membuat sebuah video tutorial penggunaan fire starter untuk menyalakan api.


Yuk kita simak ulasannya berikut :




Cara menyalakan api dengan fire starter adalah cara modern. Jurus yang satu ini sering saya gunakan, habis seru dan keren sih! hehehe..

Jangan lupa siapkan daun atau semak kering (rumput kering lebih mudah) serta pisau lipat,atau pisau skinner boleh juga pisau  survival.

Selain itu kita juga bisa menggunakan media lain yang mengandung logam / besi / baja. (Pakai pisau lipat aja bro di jamin keren, kalau ane pakai leat**n wa*)


Action :
  1. Gesekkan Fire starter pada bilah pisau yang tumpul hingga menghasilkan percikan api.
  2. Arahkan percikan api pada daun atau semak kering hingga serbuk api menjangkit pada daun atau semak kering.
  3. Setelah percikan api ada di daun cobalah untuk meniupnya secara perlahan-lahan sehingga merambat bara apinya/apinya dan menghasilkan api.
  4. Tiup hingga api menyala, di sini sering gagal,lakukan berulang ulang dan jangan bosen demi hasil terbaik.
  5. Jika sudah menyala maka laukan penambahan rumput kering dan  ranting yg agak besar agar awet apinya hehhehe.. awet kaya apaan deh ahhahah
  6. Oke untuk lebih jelasnya silahkan menganalisa video saya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Bayumontana

Fire Starter
Fire Starter
Fire starter ini bisa digunakan dalam keadaan darurat, atau sambil belajar bisa juga sering-sering menggunakannya saat melakukan suatu aktivitas dialam bebas.

Meskipun memiliki bermacam model, ukuran dan tentu saja harga yang harus kita tebus untuk memilikinya, tetapi fungsinya tetap sama yaitu untuk membuat api. Tentukan pilihan yang sesuai dengan selera kita dah.. haha..

Trims kang Bayu untuk materi pelajarannya. Ditunggu materi selanjutnya nih :)

1 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)