13 Juli 2016

Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016

Yes Outdoor : Hari Raya Idul Fitri adalah masa dimana banyak orang berkumpul dengan keluarga besar. Mereka yang ada diluar kota sebagian menyempatkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Tidak hanya yang di luar kota, bahkan di luar pulau ataupun luar negeri juga beramai-ramai mudik ke kampung halaman.

Ya, mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia. Meskipun membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidak ringan untuk bisa mudik ke kampung halaman, tetapi semua orang tetap antusias melakukannya.

Kembali lagi ke Idul Fitri. Hari raya umat Islam ini menjadi hari penting untuk sebagian besar umat saling bersilaturahim dan bermaaf-maafan. Moment itulah yang dimanfaatkan oleh Gaspala, sebuah organisasi pecinta alam di SMAN 2 Kebumen untuk kembali berkumpul, bersilaturahim dengan sebagian besar anggotanya.

Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016

Sudah menjadi tradisi juga, bahwa silaturahim tersebut dilaksanakan setiap tanggal 3 Syawal. Hal tersebut bisa menjadi kunci untuk seluruh anggota dari angkatan pertama hingga terakhir, jika ingin bertemu dengan sebagian besar anggota yang tergabung dalam sispala Gaspala (anggota aktif / masih sekolah) dan juga SIGMA ( anggota Gaspala yang tergabung dalam ikatan alumni Gaspala ) maka tanggal 3 Syawal ada waktu dan tempat yang tepat. Mereka bisa bersilaturahmi, bertemu satu sama lain pada tanggal 3 Syawal setiap tahun dan berlokasi di SMAN 2 Kebumen.

Untuk tahun 2016 ini atau 1437H juga berlangsung kegiatan yang telah berjalan turun temurun sejak 21 tahun lalu, atau sekitar tahun 1995, saat Gaspala memiliki alumni :)

Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016
Mandor Dekor

Berlokasi di SMAN 2 Kebumen, Jl. Cincin Kota No.8 sejak sehari sebelumnya sudah terlihat aktivitas pengurus untuk mempersiapkan acara rutin tahunan tersebut.

Dekorasi ruang dan juga menyiapkan semua kebutuhan untuk pelaksanaan acara Silaturahmi yang kebetulan berlangsung setelah shalat Jum'at.

Den Baguse Hari Satria sebagai salah satu alumni Gaspala yang tergabung dalam SIGMA melaporkan acara tersebut untuk Yes Outdoor. Thanks bro!

Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016
Suasana dalam ruang silaturahmi

Siang itu saya berangkat dari rumah menuju ke lokasi, lewat Tugu Lawet. Oh ya Tugu Lawet adalah Icon Kota Kebumen Beriman. Karena ada titipan pengurus yang terlupa, akhirnya saya sempat berputar balik dan berangkat lagi dengan membawa tikar untuk lesehan :) di acara silaturahmi. Penasaran juga dengan apa yang ada di sana.

Tepat 15 menit lewat dari pukul 1 siang, saya sampai di SMAN 2 Kebumen. Untungnya sesampainya disana, para hadirin yang datang belum begitu banyak. Terlihat para pengurus, sebagian alumni juga pembina sudah sampai terlebih dahulu. Mungkin mereka sengaja menunggu kedatangan saya yang selalu diiringi dengan senyuman. Haha..

Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016
Santai dikit sambil curhat ya mah?

Tapi gara-gara senyuman pula dulu saya pernah gagal masuk seleksi TNI AL bahkan ada anggota yang setengah membentak sambil berkata "Sekali lagi cengengesan, kamu saya tamparin!". Mungkin tidak selamanya senyum itu indah dan membawa damai, karena saat itu saya gagal seleksi kemungkinan sebabnya adalah senyum manis saya. Haha..


Kembali ke silaturahmi, segera saya mendatangi meja resepsionis mengisi buku hadir. Salaman dengan para hadirin yang terlebih dulu sampai dilokasi dengan senyum dan sesekali diiringi candaan.
Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016
Mungkin karena ada kakak paling senior, efek kamera jadi Auto Classic Haha..

Suasana begitu hangat dan bersahaja, meskipun tidak semuanya kenal. Maklum, saya termasuk alumni yang cukup senior. Haha..

Pukul 13:30 sebagian besar peserta sudah mulai memenuhi ruangan, meskipun cukup banyak pula yang ada diluar ruang. Mungkin mereka sedang memutar romansa masa SMA dulu dengan beribu kenangan yang ada. Haha..

Tampak alumni paling senior yang hadir kemarin adalah Mas Dani, angkatan 2 atau 3 ya? Wkkk.. maaf mas.. ngapura.. anu kelalen kiye. Haha..

Jalannya Acara

Acara Silaturahmi Gaspala dimulai pada pukul 13.45, diawali dengan  pembukaan oleh mc yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh pembina gaspala oleh pak Abyadi, sambutan Sigma disampaikan oleh mas Dani, dilanjutkan dengan pemaparan proker alias program kerja kepengurusan Gaspala saat ini.

Yang menarik dari acara kemarin adalah adanya  lelang sovenir khas Gaspala yang hasil lelang sendiri akan diserahkan untuk kas Gaspala. Akhirnya acara tersebut ditutup dengan saling memaafkan dan bersalam-salaman oleh seluruh hadirin.
Silaturahmi Gaspala - SIGMA 1437 H Tahun 2016
Suasana akrab di lapang

Oh iya ding..
Dalam acara kemarin juga ada semacam unjuk kerja Gaspala - Sigma dalam membangun sebuah papan wall climbing yang berdiri megah di SMAN 2 Kebumen.

Sekedar info dan bisikan. Wall climbing itu dibangun oleh Gaspala dan juga ada sistem lelang yang diikuti oleh SIGMA untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembangunannya.

Wall Climbing Gaspala SMAN 2 Kebumen
Wall Climbing

Jika Anda berkesempatan masuk ke area sekolah itu, tentu tidak akan lepas dari memandangi papan wall climbing yang terlihat megah dengan baluran warna-warna menarik.

Demikin informasi ini saya sampaikan. Meskipun tidak lengkap tapi saya berharap bisa menjadi sebuah corong untuk memberikan informasi tentang keberadaan Gaspala dan juga SIGMA dan tentunya SMAN 2 Kebumen.

Sebelum pamit, harusnya kemarin kang Teguh, mas Gopex, kang Kosim, mas Andri, mas Ari dan lainnya bisa hadir ya biar makin greng..

Salah Rimba
Den Baguse Hari Satria

2 komentar:

  1. Wah.. Bisa tulis artikelnye doang. Gak perne dateng ke acarenye. Mane Greeng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weiss ada Mas CV Laras.. bersyukur ada bro Hari yang berbagi infonya mas :) Kalau dateng ya saya juga gak tahu dateng sebagai apa? wkk.. kan sampean udah tahu juga

      Hapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)