13 Juli 2016

Jangan Biarkan Pantai Sawarna Rusak Oleh Sampah

Yes Outdoor : Pantai Sawarna banyak yang menyebut sebagai pantai Bali-nya Jawa Barat. Tak salah memang mengingat pesona keindahan alam yang ditawarkannya.

Belakangan ini pantai Sawarna yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten mulai mencuat dan menjadi tujuan wisata pantai. Perjalanan menuju pantai tersebut baik melalui Pelabuhan Ratu maupun melalui wilayah Serang memang menyuguhkan keindahan panorama alam yang asri.

Akan tetapi keindahan dan eksotisme pantai tersebut bisa jadi akan punah dengan minimnya kesadaran wisatawan maupun warga setempat dalam hal penanganan sampah dan aksi vandalisme yang ada.

Sunset di pantai Sawarna
Sunset di pantai Sawarna


Jika semua itu tidak segera ditangani dengan benar, bisa jadi keindahannya tidak akan bertahan lebih lama dan tentunya jumlah wisatawan pun akan semakin berkurang.

Sudah waktunya pantai Sawarna ditata dengan baik dan professional, jangan biarkan Sawarna semakin suram dengan berserakannya minuman kaleng, botol, kantong plastik, puntung rokok, hingga sisa bungkus makan di sepanjang bibir pantai.

Salah satu view menuju pantai sawarna
Salah satu view menuju pantai sawarna


Gak sekedar sampah, warung-warung dan parkir motor yang tidak tertata dengan baik ikut menyumbang menurunnya keindahan pantai Sawarna.

Sampah di pantai Sawarna
Sampah di salah satu sudut pantai Sawarna
Meskipun masih ada warga dan pihak yang peduli akan kebersihan dan kelestarian lingkungan pantai Sawarna, tetapi tanpa ada tatanan yang baik semua itu akan sia-sia dan sulit menjaga kualitas keindahan pantai Sawarna seperti sebelumnya.

Dahulu ketika masih asri
Dahulu ketika masih asri

Jangan biarkan pantai Sawarna menjadi semakin rusak, apalagi disana juga terdapat beberapa spot indah dan menarik lainnya seperti Karang Taraje, Legon Pari, Karang Bereum, Tanjung Layar, Pasir Putih, dan Pantai Muara.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)