20 Juni 2016

Festival Danau Sentani IX Tahun 2016

Yes Outdoor :  Pada 19 - 23 Juni 2016 ini dikawasan wisata Khalkhote, Sentani - Papua akan diadakan Festival Danau Sentani (FDS) IX sebagai ajang hiburan dan eksistensi budaya lokal masyarakat sekitar danau Sentani yang diikuti oleh 24 kampung di sekitar Danau Sentani yang terdiri dari enam kecamatan.

Acara ini diselenggarakan sebagai momen untuk mempromosikan budaya, kerajinan, dan kuliner masyarakat Danau Sentani yang memiliki ciri khas tersendiri, kepada wisatawan dalam dan luar negeri.
Festival Danau Sentani IX Tahun 2016

Menurut Bupati Jayapura Mathius Awoitauw nih
Kita lebih membuka ini (FDS) untuk Papua dan masyarakat lokal. Kita juga ingin menjadikannya sebagai ajang promosi.

Melalui arena ini mereka bisa memasarkan hasil kerajinan dan kuliner khas papua. Makanan khas lokal bisa dikembangkan karena memiliki pasar tersendiri.

FDS yang telah diselenggarakan sejak 2007 ini mengmbil tema Satu Dalam Keanekaragaman Meraih Kejayaan  sebagai media untuk  memberikan banyak pemahaman tentang kerukunan dan toleransi kepada masyarakat Indonesia.

"Papua itu sangat spesifik dan menjadi menarik dibicarakan di mana-mana. Untuk itu ada inisiatif lokal bicara tentang keanekaramanan dan toleransi," ujar Bupati Mathius.

Selain pertunjukan seni dan budaya, FDS memberikan ruang bagi masyarakat sekitar menampilkan ciri khas masing-masing melalui beberapa kategori lomba.

Tak sekedar pertunjukan untuk masyarakat seputar Sentani saja, kebudayaan di luar kawasan Danau Sentani juga diberi tempat untuk mengisi rangkaian acara, salah satunya kehadiran suku Kamoro dari Timika.
*Kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)