27 April 2016

50 Gunung 40 Hari

Yes Outdoor : Siapa tuh mau ikut mendaki 50 gunung di Indonesia secara marathon dalam waktu 40 hari?

Kebetulan dapat info dari kompas, kalau om Wil kembali akan melakukan pendakian marathon.

Ini nih sumbernya :

Pendaki gunung marathon solo kelahiran Pontianak, Willem Sigar Tasiam (58) akan memulai pendakian 50 gunung di Indonesia dalam waktu 40 hari pada Selasa (26/4/2016) besok.


Willem akan memulai pendakian dari Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Laki-laki yang telah memulai debut pendakian sejak tahun 1985 ini akan mendaki gunung yang terkenal dengan keindahan danau tiga warna ini seorang diri.

"Tidak ada persiapan berarti, sebelumnya paling saya jogging-jogging. Dari kemarin sampai, jalan-jalan aja tiga kali naik Kelimutu," kata Willem kepada KompasTravel di Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur, Senin (24/4/2016).



Sebelumnya, Willem pernah menyebutkan bahwa jika cuaca cerah dan jarak antar gunung dekat, ia akan mendaki dengan cepat dan beruntun.

"Dalam satu hari kemungkinan bisa satu hari bisa tiga gunung kalau mulai dari 00.00 WIB," kata Willem saat jumpa pers Pelepasan Ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas" Nissan Motor Indonesia di Jakarta, Jumat pekan lalu.

Untuk jam istirahat setelah mendaki gunung, Willem akan memanfaatkan waktu seefektif mungkin dengan cara menggunakan waktu perpindahan antar gunung sebelum kembali mendaki.

"Untuk istirahat saya 3-4 jam. Istirahatnya di mobil saat perjalanan," jelas Willem.

Kegiatan pendakian 50 gunung ini, menurut Willem, diharapkan bisa menimbulkan ketertarikan bagi penggiat alam bebas untuk berolahraga di gunung. Selebihnya, dengan kegiatan pendakian gunung juga bisa mengenal interaksi dengan masyarakat.

Kegiatan pendakian gunung oleh Willem dengan berlari tersebut tergabung dalam ekspedisi Navara "Jelajah Tanpa Batas".

General Manager Marketing Strategy and Communication Division at Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan kegiatan "Jelajah Tanpa Batas" adalah kolaborasi antara pembuktian ketangguhan mobil All New Nissan Navara dan pendakian 50 gunung di Indonesia.

"Kita akan mendukung kegiatan ini dari segi transportasi. Kita antar ke titik terjauh sebelum Om Willem mendaki gunung dan juga kita ingin mendokumentasikan kegiatan ini secara keseluruhan 50 gunung dalam 40 hari," kata Budi.

Setelah Gunung Kelimutu, Willem akan mendaki Gunung Inerie yang juga masih terletak di Nusa Tenggara Timur pada hari yang sama.

Ikuti kisah perjalanan Willem di liputan khusus Kompas.com pada laman
"Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari"
. Selama 40 hari, tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari.

Willem juga direncanakan akan mendaki Gunung Tambora dan Gunung Agung. Beberapa gunung yang akan didaki oleh Willem di Pulau Jawa yakni Gunung Ijen, Gunung Sindoro, Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan gunung-gunung lain. Sementara di Sumatera, Willem akan mendaki Gunung Kerinci, Gunung Dempo, Gunung Marapi, dan berakhir di Gunung Sibayak.

Perjalanan menuju kaki gunung akan ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil. All Nissan Navara juga sebelumnya telah menjelajahi Gunung Tambora pada Maret 2015 lalu, Gunung Sinabung dan juga di Aceh.

Sejak tahun 1985, Willem telah berkecimpung di dunia pendakian mulai dari acara Lomba Kebut Gunung Gede - Vanaprastha yang merebut juara 2 piala ketua DPP PDIP Hardjanto Sumodisastro, mendapatkan juara 1 Lomba Lintas Gunung Slamet dan Gunung Ungaran pada tahun 1986, dan berbagai lomba lain.

Baca juga tentang Om Will

Thanks Kompas :)

Bonus Video


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)