22 Februari 2016

Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional

Yes Outdoor : Sampah adalah musuh kita bersama yang membutuhkan penanganan serius dalam management pengelolaannya, terlebih kesadaran kita akan efek yang ditimbulkan oleh sampah boleh dibilang masih rendah.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan keberadaan sampah diberbagai tempat, di sekitar lingkungan  kita, di sungai atau parit, pantai dan banyak tempat lainnya  bahkan di gunung pun sampah ikutan menggunung.

Selain mengganggu pemandangan, sampah juga berimbas pada tingkat kesehatan masyarakat. Gak perlu dijelaskan seperti apa pengaruh sampah pada tingkat kesehatan, karena tentunya semua sudah memahaminya. Tinggal kesadaran untuk tidak nyampah sembarangan yang perlu ditingkatkan.


Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional


Hari Peduli Sampah Nasional

Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional, Gaspala Smanda Kebumen ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai. Kegiatan bersih sampah tersebut diadakan di kawasan pantai Bopong, Puring kabupaten Kebumen.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan orang dari berbagai unsur masyarakat dan komunitas yang  ada disekitar wilayah kabupaten Kebumen, salah satunya adalah Gaspala.

Gaspala sendiri adalah salah satu  oraganisasi sispala yang selama ini aktive dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai buktinya, dalam beberapa kesempatan ultahnya, mereka memilih untuk mengadakan reboisasi yang tidak sekedar seremonial.

Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional


Kegiatan untuk Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional di wilayah Kebumen   dipromotori oleh Explore Kebumen dan diadakan pada hari Minggu 21/2-16 dimulai sekitar  pukul 8.00 pagi.



Sebagai sebuah oraganisasi siswa pecinta alam yang memiliki kepedulian pada kelestarian lingkungan, Gaspala menerjunkan sejumlah 22 anggota aktif dan seniornya ( yang masih menempuh pendidikan di SMAN 2 Kebumen ) sera alumni yang salah satunya adalah saya sendiri, Den Baguse Hari Satria.

Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional


Kegiatan kemarin dimulai dari pesisir pantati sebelah barat oleh seluruh peserta yang berbaur bersama-sama membentuk barisan bershaf ( kelompok ) untuk menyapu dan memungut sampah yang ada dikawasan tersebut dan dimasukkan kedalam trash bag.

Kegiatan screening sampah dalam rangka menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional kemarin selesai sekitar pukul 10 dilanjutkan dengan menaikkan seluruh sampah yang berhasil dikumpulkan ke dalam truk yang disediakan.

Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional


Setelah sampah-sampah tersebut dinaikkan ke mobil truck, acara dilanjutkan dengan isitirahat dan makan-makan sambil mendengarkan berbagai sambutan dan masukan dari panitia dan tokoh masyarakat, dalam hal ini diwakili oleh Pak  Sarwonoselaku Lurah di desa Surorejan.

Gaspala Ikut Menyukseskan Hari Peduli Sampah Nasional


Semoga dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional ini, maka kesadaran kita untuk tidak mengotori lingkungan dengan nyampah akan dapat terwujud. Kalau bukan kita yang mulai, lalu harus nunggu siapa dulu?

Ingatlah, sampah itu musuh bersama.

Saya, Den Baguse Hari Satria menyampaikan untuk seluruh teman-teman semua.

5 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)