10 Desember 2015

Cartenz Mahal, Tapi Tetap Jadi Impian Para Pendaki

Yes Outdoor : Tiba-tiba inget dengan obrolan bareng kang Acenk tentang pendakian-pendakian yang telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun. Pendakian dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia dengan berbagai kisah sedih, tragis, menyenangkan ataupun heroiknya.

Sampailah pada satu titik, ketika obrolan sampai pada kalimat ketika dia 2 kali mendaki puncak Cartenz. Cartenz itu mahal. Makanya banyak pendaki Indonesia yang ingin mendaki kesana terbentur dengan realita dan akhirnya yang keluar adalah "Cartenz itu keinginan.. tapi gak tahu bagaimana bisa mewujudkannya. Biayanya itu.. mahal#" dan alasan lain tentnunya.



Untuk kita para pendaki Indonesia, dibutuhkan setidaknya 50 juta perorang supaya bisa menjejakkan kaki di Cartenz. Untuk pendaki luar negeri, tentunya lebih mahal lagi.. bisa sekita 27 ribu dollar. Wah kalau ngandelin adsense yang sebulan dikisaran seribu dolar, berarti butuh 27 bulan donk? Ups.. ya kalau bener sebulan dapet seribuan dollar.. wkk.. Jangan terlalu serius.. cuma becanda kok. Makanya dicoret nih tulisannya

Rata-rata operator tur pendakian di Indonesia, menawarkan harga sampai Rp 50 juta untuk mendaki Puncak Carstensz. Sedangkan operator tur pendakian di luar negeri bisa sampai 27 ribu Dollar (setara Rp 377 juta). Harga yang bikin geleng-geleng kepala.

 "Mengapa ke Carstensz mahal, itu karena ke sana susah. Belum ada transportasi, konektivitas jalan dan harga barang di sana mahal-mahal," ujar Ketua Tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015, Maximus Tipagau.

Tiket pesawat dari Jakarta ke Timika saja seharga Rp 3 juta untuk sekali jalan. Lalu, lanjut lagi naik pesawat dari Timika ke Sugapa seharga Rp 3 juta yang juga sekali jalan.

"Dari Sugapa, ke Soangama naik ojek Rp 300 ribu. Belum lagi, biaya angkut logistik dengan sewa pesawat (perintis) harganya Rp 35 juta sekali jalan".  Biaya sewa porter seharga Rp 7 juta untuk pendakian.



Adventure Carstensz   dapat memberi harga Rp 34 juta untuk pendakian ke Puncak Carstensz dengan syarat, harus 10 orang pendaki.

Nah bagaimana? Tertarik untuk mendaki puncak Cartenz? Segera isi formulir pre-reservation nya Cartenz. Atau maucari-cari info dulu disana juga boleh :)




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)