07 Juli 2015

Trashbag Community - Komunitas Anti Sampah di Gunung

Yes Outdoor : Sampah, selalu menjadi musuh bersama dimanapun tempatnya. Di kota bahkan di gunung. Satu hal yang jadi pemicu menumpuknya sampah adalah kurangnya kesadaran individu maupun kelompok untuk membuang sampah pada tempatnya.

Berbicara mengenai sampah di gunung, sepertinya sudah seringkali kita bahas, tetapi pada kenyataannya adalah, sampah masih juga menggunung. Dan gak cuma di TPA tetapi, sampah juga menggunung di hutan maupun gunung.

Sangat disayangkan, ketika kita bermaksud bisa menikmati keindahan alam dengan pemandangan indah dah udara segar, harus diganggu dengan pemandangan sampah yang berceceran disepanjang jalur ataupun dilokasi-lokasi tertentu di gunung. Apakah mereka tidak tahu cara menangani sampah?

Hal itu menandakan masih rendahnya kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan, yang harusnya selalu diperhatikan oleh setiap pendaki gunung. Jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejakmu. GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH! Bukan juga tempat orang-orang yang nyampah! Lalu siapa sih yang nyampah digunung?

Kita masih bisa bersyukur, ditengah isu sampah ini ternyata masih ada komunitas yang aktif mengkampanyekan bahwa gunung bukan tempat sampah. Mereka tergabung dalam komunitas TrashBag Community.
Trashbag Community adalah sebuah gerakan moral,kampanye idealis ........
berbentuk komunitas (nonprofit) yang anggotanya berasal dari berbagai organisasi maupun kalangan bebas/independent di seluruh Nusantara.
Trashbag Community adalah sekelompok pendaki multi disiplin ilmu yang berdedikasi untuk mengurangi masalah sampah digunung serta menjunjung tinggi penerapan konservasi alam.

Terbentuk pada tanggal 11 November 2011 di TNGGP - Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango - Jawa Barat
Semoga gerakan moral yang mereka canangkan bisa memberi kesadara pada semua orang, khususnya para pendaki untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Salah satu contoh komunitas pendaki gunung yang juga aktif dalam menjaga kelestarian dengan mengangkut sampah-sampah yang tertinggal adalah KPGBS, dimana pada setiap kegiatannya, mereka juga akan membersihkan jalur pendakian dari sampah. Seperti yang mereka lakukan di Cikurai. Tak hanya Cikurai, tapi semua gunung yang mereka daki.

Salut
Salam Lestari

.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)