30 Juni 2015

Inilah Dampak Jika Gunung Raung Meletus

Yes Outdoor : Status gunung Raung yang sedang Siaga saat ini dan sempat mengeluarkan dentuman cukup keras memang perlu diwaspadai.

Dentuman? Seperti apa yah dentuman yang terjadi beberapa waktu lalu? Jika mengingat aktivitas kawah saat bermalam di Plawangan sebelum summit attack, saat malam gunung Raung mengeluarkan suara bergemuruh, dari puncak gunung yang memiliki kaldera terbesar kedua di Indonesia setelah Tambora, sepertinya dahsyat.

Seperti diketahui, gunung ini bergemuruh dan mengeluarkan dentuman yang terdengar hingga radius 20 kilometer.

Menurut BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur) jika gunung Raung meletus, maka diperkirakan akan berdampak pada tiga kabupaten di kaki gunung ini.

Ketiga kabupaten tersebut adalah

  1. Kabupaten Banyuwangi dengan lima kecamatan dan 18 desa, 
  2. Kabupaten Bondowoso dengan dua kecamatan empat desa, 
  3. Kabupaten Jember dengan satu kecamatan dan tiga desa.

"Total penduduk 139.382 jiwa yang masuk dalam rencana kontijensi," kata Kepala BPBD Jawa Timur, Darmawan, Senin 29 Juni 2015.

Untuk mengantisipasi hal tersebut,  BPBD Jatim telah menyiapkan 33 titik jalur evakuasi di beberapa desa yang terdampak.

Dermawan mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Raung untuk tetap tenang dan tidak mendengarkan isu-isu terkait letusan. Masyarakat diminta mendengarkan informasi resmi.

Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) selalu berkoordinasi dengan Pemprov Jatim (BPBD) dan Pemkab Banyuwangi, Bondowoso, serta Jember tentang aktivitas Gunung Raung.

"Pemda senantiasa berkoordinasi dengan pos pengamatan Gunung Raung di Sumber Arum, Kecamatan Songon," ujarnya.

Semoga gunung Raung tidak benar-benar bangun, sehingga kehidupan ribuan masyarakat disekitarnya tidak terdampak.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)