28 April 2015

Pulau Menjangan, Keindahan Lain Pulau Dewata

Yes Outdoor : Bali adalah pulau tujuan wisata utama di Indonesia. Semua orang tentu telah mengetahui tentang keindahan pulau Dewata ini. Hampir semua aspek keindahan ada di Bali, baik alam maupun budayanya.

Bali dikenal memiliki pantai-pantai yang indah, pemandangan alam lainnya di Bali memang memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya. Tapi mungkin belum terlalu banyak orang tahu, jika di wilayah barat Bali, ada surga keindahan alam dan juga pemandangan bawah laut, yaitu pulau Menjangan. Ingat trip ke Baluran, Ijen dan Menjangan?

Dengan hamparan pantai berpasir putih dan taman bawah laut beraneka warna, Pulau Menjangan adalah keindahan yang sempurna di bawah laut Bali bagian Barat.

Pulau ini terletak 10 km di lepas pantai barat laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Untuk menuju Pulau Menjangan tidak sulit, kita cukup pakai mobil dari Denpasar ke Gilimanuk selama 3 jam atau melalui Bali bagian tengah melewati Danau Batur dan Kintamani.

Selama perjalanan kita bisa menikmati keindahan alam menuju ke Taman Nasional Bali Barat.  Kenapa pulau ini diberi nama pulau menjangan yang berarti rusa? Ternyata nama tersebut diambil dari keberadaan kawanan rusa liar yang berenang ke pulau itu menempuh jarak sejauh 1,2 mil setiap musim semi.

Sebagai area yang dilindungi, tentunya kawasan ini memiliki keasrian dan suasanya yang nyaman dengan berbagai macam pemandangan flora, fauna maupun alamnya.

Di sini kita bisa menemui banyak satwa langka yang masih dijaga dengan baik. Bagi pencinta satwa liar di sini lah kita bisa banyak melihat dan bird watching. Karena keindahan alam Taman Nasional Bali Barat inilah Bali dikenal dengan sebutan 'Pulau Dewata', 'Pulau Seribu Pura', atau 'Pulau Surga'.

Keindahan alam luar biasa, seperti gunung berapi yang tampak dekat dan besar, sawahnya yang menghampar hijau memberikan rasa damai dan ketenangan, serta butiran pasir dan keindahan lautnya yang mengagumkan.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan yang terkenal dengan dunia bawah lautnya yang luar biasa, terumbu karang yang indah ditemukan di dekatnya dan merupakan situs terbaik untuk memancing. Atraksi lain dari pulau ini adalah rusa yang dilindungi.

Pulau Menjangan yang dikenal oleh para diver sebagai  spot diving terbaik di Bali ini memiliki taman bawah laut yang sangat berwarna dan penuh dengan berbagai jenis ikan sekaligus kaya biota laut.

Untuk mencapai Pulau Menjangan adalah menggunakan perahu yang dikelola Taman Nasional Bali Barat. Perahu ini berada di pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima. Alternatif lain adalah naik perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang.

Perjalanan perahu ke Pulau Menjangan membutuhkan waktu antara 30 sampai 40 menit, tergantung pada cuaca dan beban perahu. Dalam perjalanan menuju Pulau Menjangan, di kejauhan tampak pemandangan gunung api di Jawa Timur.

Sebagai pulau tak berpenghuni, Pulau Menjangan tidak memiliki akomodasi berupa penginapan, restoran, toko, dan lainnya. Kebutuhan akomodasi tersedia di pulau-pulau terdekat di sekitar kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dan atau sekitar Pemuteran.


Saat terbaik mengunjungi dan menjelajahi keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan adalah pada bulan April hingga November.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)