08 April 2015

Belum Seminggu Dibuka Untuk Pendakian, Sampah Sudah Menggunung Di Surya Kencana

Yes Outdoor : Belum genap seminggu gunung Gede - Pangrango untuk pendakian, timbunan sampah terlihat menumpuk di alun-alun Suryakencana.

Sungguh ironis, ketika banyak kelompok pendaki sangat aktif dalam hal sampah, ternyata masih juga ditemukan ulah oknum orang yang mendaki Gede - Pangrango dengan mengotori kawasan taman nasional, khususnya area alun-alun Suryakencana.

Sudah semestinya hal ini menjadi perhatian serius bagi pengelola taman nasional. Bagaimanapun caranya, mereka punya hak dan kewajiban yang besar dalam memelihara
kawasan yang dikelola.

Katakanlah dengan membuat aturan ketat disertai punishment bagi yang terbukti membuang dan meninggalkan sampah di gunung.

Mungkin juga perlu ada penataan ulang tentang prosedur untuk masuk taman nasional, baik bagi mereka yang mendaki ataupun yang sekedar menuju curug misalnya.

Pastikan sampah kembali dibawa turun. Kalau perlu ada tim khusus yang memeriksa sampah pengunjung dan kemungkinan sampah yang mereka timbulkan saat akan masuk.

Sulit memang, tapi itu salah satu cara yang bisa diterapkan. Bukan sekedar membuat tempat sampah di area jalur pendakian, tetapi sampah yang dibuang disana tidak ada yang menurunkan. Petugas mana petugas? Ih, jangan selalu nunjuk petugas ah, karena sampah timbul dari setiap diri pengunjung.

Artinya, kesadaranlah untuk tidak nyampah adalah hal yang utama.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)