03 Maret 2015

Tips Biar Naik Gunung Aman & Nyaman

Yes Outdoor : Naik gunung memang asyik. Naik gunung memang indah. Karenanya banyak orang ingin naik gunung, meskipun tidak semua orang bisa naik gunung.

Dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang terinspirasi oleh gunung. Cobalah nyanyikan lagu naik-naik kepuncak gunung, atau ingat kembali lukisan favorit anak indonesia yang sebagian besarnya adalah lukisan dengan latar gunung.


Untuk kalangan dewasa-pun banyak yang terinspirasi oleh gunung, seperti lagu Mahameru punya dewa, bahkan yang raggae pun seperti om Tony Q Rastafara juga punya lagu Mendaki gunung.

Semuanya indah.. tapi harus benar-benar dipersiapkan jika ingin mendaki gunung. Jangan anggap remeh, oleh anda yang sudah senior sekalipun #MaafSenior :)

Persiapan tersebut meliputi :

  1. Persiapan Fisik
  2. Persiapan Mental
  3. Kelengkapan Peralatan & Perlengkapan yang sesuai standar keamanan
  4. Pengetahuan tentang hutan dan gunung
  5. Perbekalan
  6. dll 



Semua itu perlu perhatian khusus dan terkait satu sama lain. Ingat, naik gunung adalah kegiatan yang mengandung resiko tinggi. Orang bilang mah nyawa taruhannya. Serem memang. Ekstrim iya juga!

Salah satu hal yang pasti ada dalam mendaki gunung adalah tas ransel / carrier sebagai kontainer pembawa semua peralatan, perlengkapan dan perbekalan selama melakukan pendakian.

Membawa barang bawaan yang berat dan tidak terlalu penting akan menyulitkan kita untuk mendaki gunung dan bisa memupuskan harapan untuk dapat mencapai puncak. Artinya kita harus paham apa saja yang memang perlu dan harus dibawa dan apa yang tidak perlu.

Berikut beberapa tips  agar pendakian kita bisa menyenangkan untuk dinikmati :

1. Ransel
Pemilihan tas sangat terpenting, hal itu agar memudahkan kita dalam membawa semua alat, perlengkapan dan perbekalan. Tas carrier sangat cocok untuk mendaki gunung karena telah didesain khusus untuk aktivitas pendakian, serta pemilihan model dan bahan yang ringan sehingga tidak memberatkan kita.

2. Pakaian 
Pakaian itu wajib hukumnnya kan? Nah persiapkan baju lapangan ( setelan yang akan kita gunakan saat jalan), jaket tebal, sweeter, raincoat set, baju ganti.

Hal yang perlu diingat adalah gantilah pakaian basah kita dengan yang kering ketika kita akan ngecamp atau beristirahat lama.

3. Sleeping Bag & Tenda
Sebagai peralatan tidur, sebaiknya kita membawa tenda untuk mendaki gunung yang memakan waktu lebih dari satu hari perjalanan. Bawalah tenda yang baik dan kantung tidur (sleeping bag) yang mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik sehingga mampu memberi suhu hangat pada tubuh.



Dengan membawa perlengkapan ini kita akan terhindar dari hawa dingin yang menusuk saat tidur.

4. Sepatu atau Sandal Gunung
Yes Outdoor merekomendasikan agar dalam melakukan pendakian gunung sebaiknya menggunakan sepatu. Karena dengan menggunakan sepatu, kaki kita akan lebih aman dan terlindungi dibandingkan kalau kita hanya menggunakan sandal.

Kita harus tahu bahwa medan yang kita lalui tidak selamanya bersahabat. Tentunya alas kaki yang memadai diperlukan karena digunung kita akan melalui berbagai macam medan mulai dari hutan, semak belukar, pasir, bebatuan, lumpur dan juga sungai atau genangan air.

Sandal gunung bisa digunakan saat kita istirahat, yaitu ketika kita ngecamp. Jadi kombinasi sepatu & sandal memang sebaiknya selalu kita bawa.


5. Peralatan Navigasi
Peralatan navigasi diperlukan untuk menunjukkan arah atau membantu anda dalam keadaan tersesat. Peralatan tersebut diantaranya GPS, peta dan kompas.

6. Obat-Obatan Pribadi
Setiap orang memiliki masalah kesehatan pribadi, jadi sangat dianjurkan untuk selalu membawa obat-obatan pribadi.

Hal ini juga perlu kita beritahukan pada setiap orang yang ikut dalam pendakian kita. Obat-obatan tersebut misalnya untuk maag, alergi, asma dll.

Obat-obatan ringan lainnya yang bisa dibawa diantaranya obat luka, minyak kayu putih, madu, balsem, obat nyamuk lotion, obat diare, oralit dan obat sakit kepala.

7. Makanan 
Ingat! Mendaki gunung membutuhkan energi extra. Artinya kita harus membawa bekal makanan yang memenuhi standar gizi untuk menghasilkan energi yang kita butuhkan saat mendaki an tahan lama seperti mi, makanan kalengan, roti, sereal, susu, dan juga banyak air putih.

8. Peralatan dan Perlengkapan
Peralatan yang penting selain tenda, sleeping bag, jaket dll adalah peralatan makan, minum dan masak. Jadi jangan sampai terlupakan. Untuk aktivitas dimalam hari, kita juga memerlukan alat penerangan.

Masih ada yang lain sih, seperti alat komunikasi (HT), kamera, smartphone dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)