23 Maret 2015

Tiga Tempat Di Jawa Barat Sebagai Surga Edelweis

Yes Outdoor : Banyak sekali orang yang akrab dengan nama bunga edelweiss. Bunga abadi adalah anggapan mereka, karena memang edelweis ini bunga yang tidak layu. Tapi disayangkan karena mitos dari namanya itulah membuat banyak orang menjadikannya sebagai target operasi untuk dipetik, bahkan tak jarang yang melakukannya secara frontal. Ingat! Itu tidak boleh dilakukan!

Tetapi kita tidak dilarang untuk menikmati keindahannya. Karena sesungguhnya keindahan bunga edelweiss adalah saat kita menikmatinya langsung ditempat dia tumbuh. Ditempat-tempat tinggi yang akrab dengan udara dingin dan kabut.
Taman Edelweis Surya Kencana
Lalu, dimanakah kita bisa menikmati keindahan bunga edelweiss yang tumbuh dan mekar dalam area yang luas? Di Jawa Barat, setidaknya ada tiga tempat yang memiliki keindahan sempurna untuk menikmati bunga edelweis.

Tempat itu adalah :

1. Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede

Alun-alun Surya Kencana adalah sebuah lahan luas yang menghampar dibawah puncak gunung Gede. Kita bisa mencapainya dengan mendaki gunung gede dari Cibodas, dan setelah sampai puncak, ambil jalur turun menuju alun-alun Surya Kencana.

Jika melalui jalur Gunung Puteri kita akan sampai di Surya Kencana sebelum puncak gunung Gede. Begitu juga halnya jika kita mendaki melalui jalur Pondok Halimun/ Salabintana Sukabumi.  Alun-alun Surya Kencana adalah salah satu taman Edelweiss terluas di Indonesia. Di area sekitar 50 hektar pada ketinggian 2750 mdpl ini tumbuh ribuan pohon edelweiss.

2. Alun-alun Mandalawangi Gunung Pangrango

Masih di termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kita bisa menemukan satu lagi padang Edelweis dengan panorama yang indah. Alun-alun Mandalawangi ini terletak di Gunung Pangrango, yang bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari pertigaan Kandang Badak melalui jalur yangbisa dibilang lebat jika dibanding jalur Cibodas atau Gunung Putri.

Ngebahas tentang Mandalawangi jadi inget Soe Hok Gie :) Ciye.. siapa yang pernah nonton film Gie? Siapa juga yang pernah membaca puisi-puisi nya?
Mandalawangi
Edelweis di Alun-alun Mandalawangi lebih rimbun, mungkin karena jumlah orang yang mengunjunginya tidak sebanyak mereka yang mengunjungi Surya Kencana.

Satu nilai lebih yang ditawarkan Alun-alun Mandalawangi adalah panoramanya yang indah. Jika cuaca sedang cerah, kita bisa melihat kawah Gunung Gede yang berada di bawahnya. Tak hanya itu, kita juga bisa menikmati rimbunnya Edelweis sambil memandang megahnya Gunung Salak. Untuk malam hari ketika cuaca cerah, apalagi purnama, silahkan menikmati panorama langit yang aduhai

3. Tegal Alun Gunung Papandayan
Gunung Papandayan yang  memiliki ketinggian 2.665 mdpl ini punya magnet bagi para pendaki. Salah satunya adalah kawah-kawah belerang dengan pemandangan yang eksotis. Namun, yang menjadi favorit para pendaki adalah Tegal Alun, kawasan puncak Gunung Papandayan.

Kita bisa menikmati padang edelweiss yang luas  diarea dengan udara terbuka dengan view yang indah dan udara yang sejuk.  Dengan keindahan yang ada serta akses yang mudah dicapai dengan kendaraan bermotor bisa langsung ke area parkir dikawasan gunung ini membuatnya menjadi kawasan wisata alam favorit di Garut.

Jika kita membawa peralatan pendakian lengkap, jangan heran apalagi malu jika tiba-tiba saat terbangun atau jalan pagi akan bertemu dengan anak-anak kecil atau bahkan manula disana :) yakk..


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)