05 Maret 2015

Pentingnya Management Perjalanan

Yes Outdoor : Salah satu hal yang wajib kita perhatikan dalam setiap acara pendakian adalah management perjalanan. Dengan management perjalanan yang baik maka akan punya pedoman dalam perjalanannya.

Kesalahan dalam manajemen perjalanan membuat tujuan yang telah ditetapkan menjadi berantakan. Hal itu bisa disebabkan oleh adanya pedoman-pedoman maupun panduan dalam perjalanan yang akan kita lewati.

Jangan sampai kita mengacuhkan pentingnya management perjalanan, karena akan membuat semua berantakan. Berikut adalah beberapa akibat yang ditimbulkan karena kesalahan manajemen perjalanan :

Ketidakpastian Waktu
Dalam suatu pendakian kerapkali kita dihadapkan dengan masalah timing. Untuk menghindari hal itu, kita harus mempunyai perencanaan dan perhitungan yang matang tentang lamanya waktu pendakian. Jangan sampai pendakian yang kita jalani terlalu lama / over time.

Resiko dari kesalahan management waktu adalah kegagalan mencapai puncak tujuan, sedangkan jika kita mendaki dengan catatan waktu yang lebih cepat dalam range yang jauh, maka resiko yang bisa timbul adalah resiko pada kesehatan/kelelahan fisik. Tentu ini juga berkaitan dengan keselamatan.  Salah satu contoh dari hal ini adalah dibutnya schedule perjalanan atau itenary.

Ingat acute mountain sickness? Salah satu faktor penyebabnya adalah kegagalan dalam management perjalanan.

Perbekalan Yang Dibutuhkan
Perbekalan adalah faktor yang wajib kita perhatikan saat mendaki gunung. Ingatlah bahwa kita membutuhkan banyak bekal yang wajib kita bawa dalam menyukseskan pendakian. Bekal tersebut tentunya meliputi peralatan dan perlengkapan serta konsumsi makanan sebagai sumber energi yang mendukung pendakian.

Transportasi
Transportasi adalah salah satu bagian dari management perjalanan. Kemana tujuan kita, berapa lama waktu yang dibutuhkan, berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan, dan pilihan moda transportasi mana yang akan dipilih hingga kita bisa mencapai tujuan yaitu basecamp pendakian untuk kita melakukan simaksi.

Hal lain yang berhubungan dengan management perjalanan adalah tentang sosial dan kebudayaan dimana lokasi gunung berada, karena sedikit banyak kita akan berinteraksi dengan mereka.

Jadi, mengingat pentignya management perjalanan ini, sudah selayaknya kita persiapkan semua dengan sebaik mungkin. Dan ini juga berhubungan dengan Prinsip  5W +1H

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)