Muncak Gunung Slamet Via Baturaden

12.01 Heru Joherujo 4 Comments

Yes Outdoor : Gunung Slamet adalah salah satu gunung favorit yang ingin didaki oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan karakter gunungnya yang sangat kuat, alamnya juga masih terawat rapi meskipun hutan disana tidak selebat dulu, tapi gunung Slamet masih menjadi salah satu gunung berapi yang punya hutan oke, khusunya diwlayah Jawa tengh yang sebagian gunungnya hampir tidak memiliki hutan.

Kebanyakan orang mendaki gunung Slamet melalui jalur Bambangan disebelah timur yang menjadi jalur resmi dan udah lazim untuk menjadi pilihan. Sebenarnya gunung Slamet masih memiliki jalur lain seperti Kaliwadas, Guci dan Baturaden.

Nah yang terakhir ini adalah jalur yang masih jarang dilalui pendaki karena medannya yang relatif sulit tapi lebih menantang.


Baturaden merupakan daerah wisata di utara Purwokerto bagian atas atau di kaki gunung Slamet. Untuk melakukan pendakian via Baturaden kita harus menuju kota Purwokerto  terlebih dahulu kamudian menuju Baturaden.

Jika ingin mendapatkan info lebih coba hubungi markas Radenpala disekitar parkiran wisata Baturaden.

Jalur ini memiliki tiga pos menuju puncak Slamet dengan waktu tempuh bisa mencapai 12 jam perjalanan. Sebagai gambaran perjalanan menuju puncak adalah sebagai berikut :

  • Basecamp - Pos 1 : 1 jam menyusuri hutan pinus
  • Pos 1 - Pos 2 : 3 jam
  • Pos 2 - Pos 3 : 2 jam dengan track mulai lebih sulit. Pos 3 bisa dijadikan lokasi untuk mendirikan tenda sebelum melanjutkan ke Plawangan 
  • Pos 3 - Plawangan : 4 jam dengan track masih sulit dengan semak yang rimbun
  • Plawangan - Puncak :  2 jam, harus extra waspada karena ini merupakan area terbuka yang kadang angin bertiup sangat kencang/badai dengan disertai kabut. Dari pengalaman, kabut gunung Slamet merupakan kabut yang berat yang pernah saya rasakan, menghalangi pandangan dan membuat jantung lebih bersuara.
Note : Catatan waktu tersebut bersifat relatif ya


Jika ingin mendaki Slamet melalui jalur ini pastikan kita memiliki fisik dan mental yang kuat serta peralatan yang memenuhi standar safety, serta pilih cuaca yang baik untuk menghindari resiko gagal muncak.

Trims Infopendaki trims kaskus :)

.

Baca Juga Yang Ini

4 komentar:

  1. Cukup menarik meskipun sedikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims gan udah mampir dimari :) Penginnya nulis banyak, apa daya ada keterbatasan waktu.. Moga sukses ya gan..

      Hapus
  2. Kalau bisa di lengkapin lagi gan tulisan nya , biar makin mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims berat gan.. masukannya sukses selalu buat agan

      Hapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)