25 Februari 2015

Kursus Singkat Navigasi Darat

Yes Outdoor : Penguasaan materi tentang Navigasi Darat adalah salah satu hal penting bagi setiap orang yang sering melakukan aktivitas outdoor. Banyak hal positive yang bisa kita peroleh dari penguasaan ilmu navigasi darat ini loh!

Nah jika kamu adalah salah satu penggiat kegiatan outdoor dan kebetulan merasa perlu untuk meningkatkan skill yang sudah dimiliki, mungkin bisa menambahkannya dengan mengikuti kursus singkat navigasi darat yang akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Maret 2015.

Dalam kursus ini, kita akan belajar mengaplikasikan peta topografi dan juga Android yang bisa mendukung kegiatan outdoor. Selengkapnya

Coba baca ini!


GPS pada ANDROID untuk Kegiatan Alam Terbuka
GPS (Global Positioning System) merupakan sistem navigasi penentuan posisi/koordinat di permukaan bumi dengan bantuan sinyal satelit. Sinyal ini diterima oleh alat penerima (receiver) di permukaan bumi dan dipergunakan untuk menentukan posisi (koordinat), ketinggian, kecepatan, arah dan waktu.
Salah satu keistimewaan GPS adalah mampu bekerja dalam berbagai cuaca, siang ataupun malam. Keakuratannya bisa mencapai 15 meter bahkan dapat mencapai 3 meter bagi GPS yang dilengkapi teknologi Wide Area Augmentation System (WAAS).
Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS.
Sistem yang serupa dengan GPS antara lain Glonass Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India
Hingga saat ini perangkat receiver GPS (Garmin) masih menjadi ‘barang mahal’ bagi kebanyakan penggiat alam terbuka, prioritasnya masih jauh di bawah perlengkapan dan aksesoris mendaki. Padahal perangkat ini sangat dibutuhkan untuk berkegiatan di alam terbuka, apalagi dalam kondisi khusus.
Seiring perkembangan teknologi dan munculnya smartphone berbasis ANDROID, maka muncul pula fitur atau aplikasi GPS dalam smartphone Android. Smartphone android dilengkapi dengan fitur dan aplikasi GPS yang dapat memberikan data koordinat Bumi (lintang, bujur tempat), ketinggian tempat, menunjukan arah ketika bepergian, menunjukan jarak, peta lokasi, navigasi dan lain-lain.
Kemampuan Android ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh penggiat alam terbuka untuk kegiatan-kegiatan outdoor (mendaki gunung/menjelajah hutan-rimba dll) yang penggunaannya dipadukan dengan peta Topografi (RBI).
Kemajuan teknologi pada perangkat komunikasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan sangat mendukung untuk kegiatan di alam bebas, sudah seharusnya para Pendaki Gunung–Pecinta Alam mulai beralih dari praktek “NAVIGASI MANUAL KLASIK” kepada “APLIKASI NAVIGASI BERBASIS TEKNOLOGI” tanpa meninggalkan basis teori Map Reading and Land Navigation yang ada.
Ikuti . . . . . . !!!
“KURSUS SINGKAT NAVIGASI DARAT”
Aplikasi Peta Topografi (RBI) dan Android untuk Kegiatan Alam Terbuka
Perhatikan waktu pelaksanaannya . . . ! ! !
BOOKING DAN DAFTAR DARI SKARANG . . . ! ! !
Boking Awal; C.P (via WA):
'Bracko' Andri C 0852 2300 0913
Bambang FRF 0813 2309 9211
Bang Harun 0813 2050 8650

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)