16 Februari 2015

Gunung Raung Aktif Lagi, Jangan Nekat Mendaki :)

Yes Outdoor : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menginformasikan bahwa aktivitas Gunung Raung meningkat. Akibat dari aktivitas tersebut, warga di kaki Gunung Raung di Kabupaten Jember merasakan hujan abu.

Selain abu vulkanik, aktivitas gas beracun gunung Raung juga meningkat, tetapi  terkonsentrasi disekitar area puncak  Gunung Api Raung, tetapi untuk sampai ke perkampungan di kaki gunung Raung kemungkinannya kecil karena gas beracun CO dan CO2,   gampang “pecah” oleh udara, demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo.


Heru mengaku telah berupaya menenangkan warga terkait dengan aktivitas Raung tersebut. "Kewaspadaan harus terus dipertahankan, terutama dengan melakukan siskamling, kendati juga tetap tenang," tuturnya.

Hampir sepekan terakhir, hujan abu Gunung Raung dirasakan warga desa di kaki Gunung Raung yang berada di Kabupaten Jember. Hujan abu tersebut dikaitkan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanis Gunung Raung. "Diperkirakan ada peningkatan aktivitas, tapi status Gunung Raung tetap di level waspada," katanya.

Heru menerima sejumlah laporan terkait dengan gejala akibat dinamika aktivitas vulkanis Raung. Gejala yang dirasakan warga antara lain hujan abu, sinar pijar di atas Raung, serta bau belerang.

BPBD Jember menyebutkan ada tiga kecamatan di Kabupaten Jember yang berpotensi terdampak letusan Raung yaitu :

  1. Sumberjambe
  2. Silo
  3. Ledok Ombo

Meskipun area yang terdampak meliputi tiga kecamatan tersebut jika gunung Raung meletus, tetapi hanya  delapan desa saja dari tiga kecamatan tersebut.

Kang Ariez, Brandhal... sepertinya harus menunda rencana untuk menuju puncak sejati gunung Raung tuh :) wkkk.. sabar bro!

Selayang Pandang Gunung Raung

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)