07 Februari 2015

Gunung Dempo Mengeluarkan Asap Hitam

Yes Outdoor : Barangkali ada yang mau mendaki gunung Dempo? Sebaiknya dibatalkan deh, karena status gunung tersebut sedang aktif.

Gunung Api Dempo (GAD) adalah sebuah gunung api aktif yang berada di daerah Pagaralam, Sumatera Selatan.

Gunung yang statusnya masih aktif tersebut sempat mengeluarkan asap hitam pada  Jumat 6 Februari 2015 petang, sehingga warga yang berada di sekitar kaki gunung panik karena khawatir gunung  tersebut akan meletus.


Menurut salah seorang saksi mata bernama Endah (35)  yang tinggal di kaki gunung Dempo mengatakan bahwa pemandangan kepulan asap hitam pekat yang membumbung tinggi itu sangat jarang terjadi sejak bertahun-tahun.

"Asap di atas Gunung Dempo pekat sekali. Ini tidak pernah terjadi, sekarang warga sekitar masih takut dan khawatir jika Dempo akan meletus. Ditambah lagi cuaca sekarang yang kerap berubah," ujar Endang.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam Herawadi menjelaskan, kepulan asap hitam tersebut, bukanlah awan panas yang dikeluarkan dari Gunung Dempo, melainkan awan hitam yang terkena sinar Matahari dari pergantian siang ke malam.

Berdasarkan hasil rekaman seismograf yang ada embusan tersebut tidak tidak terekam aktivitas lain seperti kegempaan baik tektonik maupun vulkanik.
.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)