28 Februari 2015

Cara Mewujudkan Impian Mendaki Puncak-puncak Tertinggi

Yes Outdoor : Banyak sekali rekan-rekan yang ingin bisa mewujudkan impian dan keinginannya untuk mendaki ke berbagai gunung tertinggi di Indonesia. Banyak yang ingin mewujudkan pendakian Seven Summit Indonesia, ataupun puncak-puncak idaman mereka secara pribadi.

Apapun itu, sah-sah aja kita memiliki keinginan dan impian tersebut, karena itu memang hal yang wajar bagi setiap pendaki untuk bisa mendaki dan menginjakkan kaki mereka dipuncak-puncak tertinggi.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mewujudkan itu?

Persiapkan Finansial.
Salah satu yang harus dipersiapkan sudah barang tentu adalah aspek finansial. Bagaimana kita bisa mempunyai dana yang bisa membackup seluruh perjalanan.

Salah satu caranya adalah dengan berhemat dan menabung :) Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan ingatlah bahwa kita sedang dalam misi menuju puncak impian.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin
Sebaiknya juga kita cari informasi sebanyak mungkin tentang sasaran kita dari mana saja kita bisa mendapatkan informasi terkait. Buku, buletin, catatan perjalanan ataupun berkomunikasi langsung dengan orang-orang yang pernah mendaki kegunung tersebut.  Hal itu bisa membuat motvasi kita untuk mendakinya semakin tinggi. Ini juga termasuk dalam Prinsip 5H + 1W

Latihan Fisik & Olahraga Teratur
Jangan biarkan petualangan kita sia-sia hanya karena faktor fisik. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita melakukan olahraga dan menjaga stamina tubuh untuk bisa selalu dalam kondisi terbaik. Lakukan latihan fisik secara teratur, karena dengan kondisi fisik yang prima maka kita juga akan lebih percaya diri untuk bisa berhasil mewujudkan impian mendaki-puncak-puncak tertinggi.

Tentukan waktu dan partner kita.
Hal ini harus jadi perhatian juga karena  bukan rahasia lagi bahwa kesibukan kita merupakan satu faktor yang tak bisa disepelekan, apalagi jika kita bekerja pada sebuah instansi.

Banyak diantara teman-teman yang rela mengambil resiko dengan tidak masuk kerja, ataupun bikin skenario sakit dengan meminta surat keterangan sakit dari dokter untuk bisa naik gunung. Haha.. mungkin itu  juga yang kita lakukan. Tapi sebenernya gak boleh! :)

Tentukan juga waktu kita akan memulai perjalanan dan berpetualang. Jika memungkinkan kita untuk melakukan pendakian bersama teman, gak ada salahnya kan untuk berpetualang bersama? Tapi harus ditegaskan bahwa teman kita juga menjalankan program kita. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi ketimpangan. Misalnya dari segi fisik. Tentunya itu akan membuat petualangan kita akan berasa lebih berat jika dalam perjalanannya kita harus dihadapkan pada masalah lemahnya fisik.

Tips untuk milih teman  yang bisa kita perhatikan adalah, sebaiknya mereka mempunyai jam terbang atau pengalaman yang tidak jauh berbeda dengan kita.

Navigasi Darat & Survival
Hal yang tidak boleh dilupakan adalah penguasaan ilmu navigasi darat dan juga survival, karena ini berhubungan dengan skill yang dibutuhkan dalam hal aktivitas outdoor.

Peralatan & Perlengkapan
Semua hal diatas tidaklah cukup bagi kita untuk mewujudkan menggapai puncak impian. Pastikan kita juga memiliki peralatan dan perlengkapan yang memenuhi standar keamanan aktivitas outdoor, khususnya pendakian gunung.

Nah jika semua itu telah berjalan sesuai program, maka kita akan segera bisa menggapai puncak impian.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)