22 Januari 2015

Tips Survival : 10 Jenis Binatang

Yes Outdoor : Tersesat adalah salah satu resiko bagi setiap orang yang beraktivitas di alam bebas. Ada banyak faktor yang membuat orang tersesat, diantaranya adalah :

  1. Tidak memahami jalur/lokasi
  2. Faktor cuaca (hujan, kabut, badai)
  3. Faktor internal yang datang dari diri sendiri (misal panik atau ketakutan yang berlebih)
  4. Perjalanan malam di area yang tidak dikenal
  5. Mengikuti rute binatang liar
  6. Salah baca jalur


Untuk bisa bertahan hidup ketika tersesat, maka salah satu ilmu yang harus dipahami adalah survival. Bagaimana bisa bertahan hidup dilingkungan yang ekstrim.

Jika sebelumnya kita pernah Mengulas Tentang Jenis Tumbuhan yang bisa dikonsumsi, maka sekarang saatnya kita ulas sedikit tentang jenis-jenis binatang yang bisa kita konsumsi.

Berikut adalah hewan yang bisa kita konsumsi saat melakukan survival di hutan

1. Burung
Semua jenis burung bisa dimakan. Yang jadi masalah adalah bagaimana cara kita bisa menangkap burung. Salah satunya adalah dengan membuat perangkap. Telor burung mungkin bisa kita temukan disarangnya.

2. Rayap
Rayap adalah jenis binatang yang memiliki kandungan protein tinggi, bisa ditemukan di kayu rapuh ataupun tanah yang lembab.

3. Katak
Katak adalah jenis binatang yang bisa dimakan, tapi jangan pilih katak yang beracun. Karena sebagian katak memiliki kandungan racun ditubuhnya.

4. Ular
Meskipun ular termasuk jenis binatang mengerikan, tetapi sebenarnya merupakan salah satu binatang yang bisa dikonsumsi. Bagian ular yang berbahaya adalah pada kepalanya, jadi ketika kita menangkapnya, sebaiknya segera memotong kepalanya :(

5. Kadal
Kadal juga bisa dikonsumsi, dan jangan pernah ragu untuk menangkap binatang ini karena memiliki kandungan gizi yang lumayan baik serta memiliki rasa yang uwow!

6. Jangkrik, Belalang, Semut
Ketiga jenis binatang tersebut bisa kita konsumsi. Bisa kita kabar atau goreng. Atau mau dimakan mentah? Boleh dicoba juga :)

7. Ikan
Ikan, semua orang tahu merupakan salah satu menu untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang nikmat dan mudah kita temukan.

8. Larva Kumbang/Lebah
Ini juga jadi salah satu sumber protein yang bisa kita konsumsi

9. Bekicot
Hewan ini biasanya hidup ditempat lembab, biasanya hidup di pohon pisang. Buka kulit kerangnya, bersihkan, dibakar atau digoreng dan nyam..

10. Laron 
Adalah jenis binatang yang juga bisa kita gunakan untuk dikonsumsi. Mengandung protein yang cukup tinggi dan ada hubungannya dengan rayap. Tentunya tidak cukup satu ekor, apalagi kita bisa menangkapnya dalam jumlah yang banyak karena hewan ini adalah hewan yang berkelompok/bersosial.



Tentu masih banyak jenis hewan lain yang bisa kita konsumsi selain yang ada diatas. Happy survival :)

.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)