30 Oktober 2014

Persiapkan Diri Menjelang Musim Hujan

Yes Outdoor : Pendakian adalah sebuah kegiatan yang kadang dilakukan oleh orang-orang penggiatnya tanpa mengenal waktu ataupun musim. Misalnya melakukan pendakian dimusim hujan. Sah-sah aja. Boleh-boleh aja, tapi harus tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Seperti kita ketahui bahwa saat ini adalah mendekati masuknya musim penghujan. Artinya akan semakin sering turun hujan. Khusus untuk teman-teman pendaki, sekedar mengingatkan saja bahwa jika merencanakan pendakian gunung menjelang ataupun selama musim hujan agar lebih dipersiapkan dengan matang rencana perjalanan, fisik dan peralatan pendukungnya.

Pendakian dimusim hujan tentunya bukan perkara yang mudah, terlebih lagi jika kita melakukannya pada gunung-gunung yang memiliki ketinggian dan tingkat kesulitan medan yang tinggi. Jadi inget waktu mendaki gunung Raung via yang selalu diguyur hujan dari berangkat hingga pulang, ataupun pendakian gunung Slamet bulan Januari lalu yang sempet diguyur hujan lebat saapt turun gunung yang mengakibatkan jalur pendakian berair dan licin. Ada lagi waktu  Opsih dan Pendakian ke Ciremai diakhir Januari Ups.. awas jatuh!

Semakin baik dan matang persiapan kita, maka akan semakin baik dalam mencapai kesuksesan pendakian.

Sediakan selalu raincoat, obat-obatan, alat penerangan, tracking pole dan tenda yang baik dan mampu memberikan perlindungan dari hujan dan angin yang biasanya juga hadir bersamaan dengan hujan.

Ngomong-ngomong masalah angin dan hujan, jadi inget dengan perjalanan pulang dari Ngetrip Akhir Pekan Ini, yang kebetulan waktu itu membawa motor kearah Sukabumi.

Dalam perjalanan pulang, sepanjang Sukabumi hingga Bogor hujan turun dengan cukup deras yang mengakibatkan banyak genangan dijalan dan tentunya semakin macetlah, jalur yang harus dilalui.

Nah, sekali lagi mohon untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi musim penghujan ini, dan selamat mendaki bagi teman-teman yang punya rencana mendaki.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)