18 Agustus 2014

Pedoman dan Cara Packing Yang Baik (Menurut Saya)

Yes Outdoor : Salah satu bagian dari pendakian gunung yang saya suka adalah packing. Packing adalah cara mengemas barang bawaan berupa peralatan, perlengkapan, logistik dan juga obat-obatan kedalam carrier. Meskipu terlihat sepele, tetapi tidak boleh dianggap enteng. Bener dah, jangan anggap remeh.

Packing yang baik akan sangat berpengaruh pada saat perjalanan. Apabila kita asal packing, bisa jadi perjalanan kita tidak nyaman karena pembagian beban ataupun bentuk yang tidak baik akibat salah menempatkan semua muatan yang ada didalam carrier.

Mungkin kita pernah melihat kawan kita seperjalanan terlihat sangat nyaman dengan beban tas besar dipunggung, tetapi ada juga rekan yang lain terlihat payah dan sering mengeluh tasnya gak nyaman. Padahal, belum tentu itu faktos tas yang dipakai, tetapi kebanyakan adalah bersumber dari cara packing yang asal.

Lalu bagai manakah packing yang baik itu?

Beberapa pedoman yang biasa saya pegang :


  1. Sisi kanan dan kiri memiliki berat yang seimbang
  2. Barang-barang dipisahkan dalam satu plastik serta ada plastik utama berukuran besar yang bisa melindungi barang yang kita kemas manakala hujan turun lebat atau terpaksa menyeberang aliran sungai
  3. Simpan barang ringan dan besar dibagian bawah, misalnya sleeping bag ataupun jaket tebal. Khusus untuk jaket, perhatikan pula rencana perjalanan kita, jika jalan malam dan berniat ngecamp, pastikan agar jaket tersebut mudah diambil. Karena kadang kita perlu mengenakan jaket tebal saat harus mendirikan tenda karena udara yang ekstra dingin dilokasi kita hendak mendirikan tenda.
  4. Simpan barang yang berat, biasanya peralatan masak, bahan makanan dan minum termasuk air dibagian tengah tas
  5. Barang-barang yang ringan atau akan kita gunakan dalam perjalanan bisa kita simpan dibagian atas.


Cara Packing


1. Sebelum dimasukkan ke dalam tas kita kelompokkan barang bawaan kita dan dibungkus dalam plastik.

2. Gunakan matras untuk memberikan bentuk yang baik pada tas kita dan menjadi lapisan kedua setelah body tas. Sebaiknya matras ini jangan terlalu tebal sehingga akan lebih mudah dipasang dan tidak pula memakan ruang yang lebih banyak

3. Seperti pedoman diatas tadi, letakkan barang yang berukuran besar dan  ringan seperti sleeping, jaket tebal atau body tenda disimpan pada bagian paling bawah tas.

4. Bagian tengah kita gunakan untuk menyimpan peralatan dan bahan makanan juga air yang biasanya berat. Keuntungan menaruh barang yang keras dan berat dilokasi ini adalah kita akan merasa lebih nyaman dan stabil dalam bergerak menyusuri jalur.

5. Pada 1/3bagian tas paling atas, kita gunakan untuk menyimpan barang-barang ringan yang sewaktu-waktu dibutuhkan dalam tengah perjalanan, misalnya  incoat, flysheet, tas P3K dan alat penerangan.

Setelah semua point tersebut selesai, cobalah mengetes keseimbangan tas tersebut dan jangan lupa lakukan penyetelan tali-tali pada tas yang bertujuan memberikan setelan paling nyaman untuk orang yang membawanya. Untuk mendapatkan keseimbangan ini, kita bisa juga berimprofisasi dalam mengatur posisi barang yang kita kemas, khususnya peralatan masak, makan, minum dan bahan makanan serta air. Coba ikuti cara memilih tas yang baik


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)