18 Agustus 2014

Gunung Rinjani Jadi Geo Park Dunia

Yes Outdoor : Indonesia tentunya bisa merasa bangga dan bersyukur dengan keindahan alam yang dimilikinya serta keanekaragaman hayati yang terkandug didalamnya.

Dengan banyaknya kekayaan dan keindahan alam serta budaya Indonesia, sudah sewajarnya bila dunia bisa mengakuinya sebagai salah satu warisan keidahan alam dan budaya yang masih ada.



Salah satu area yang ditargetkan untuk menjadi salah satu icon dunia adalah Gunung Rinjani. Untuk itu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan tahun 2015, Gunung Rinjani sudah bisa menjadi geopark dunia.

Kepala Bidang Prasarana dan Tata Ruang Bappeda NTB, IGB Sugiartha, mengatakan persiapan menjadikan Rinjani sebagai geopark dunia sudah dilakukan pemerintah daerah. Salah satunya, dengan mendatangkan Prof Mahito Watanabe, advisor Asia Pacific Geopark Global Network.

"Persiapan ini sudah kami persiapkan sejak lama, termasuk dokumentasi, kesiapan lapangan dan kesiapan secara lembaga dari geopark itu sendiri,"kata Sugiartha. Menurutnya, kedatangan Prof Mahito Watanabe, diharapkan mampu memberikan masukan dan saran bagi persiapan pemerintah daerah dalam merencanakan Gunung Rinjani sebagai geopark dunia, sehingga saat penilaian dari tim penilai dari UNESCO atau Organisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak mendapat hambatan. .

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)