19 Maret 2014

Kenapa Pendaki Gunung Tidak Boleh Kehabisan Air

Yes Outdoor : Kalau dilihat dari judulnya pasti ada imaginasi yang liar ataupun jinak :) mengatakan, basic banget sih titel yang dipakai.

Haha.. ya memang seperti itulah adanya. Semua orang pasti tau kenapa saat mendaki hingga turun kita tidak boleh kehabisan air.

Penjelasannya begini

Setiap melakukan aktivitas pendakian gunung tentunya membutuhkan tubuh kita membutuhkan kalori. Nah kalori tersebut diperoleh melalui suatu proses metabolisme dalam tubuh kita. Ternyata proses tersebut membutuhkan asupan air untuk bisa berjalan.

Tapi kan digunung hawanya dingin? Tentunya gak cepat haus dong?

Ups.. benarkah begitu? Bukannya udara yang dingin akan memaksa tubuh kita untuk menghasilkan panas dalam  tubuh kita yang tentunya mengalami proses metabolisme juga. Dan itu artinya tubuh kita tetap membutuhkan air :)

Nah, jika kita kehabisan air artinya proses metabolisme juga terganggu dan tubuh kita akan mengalami kendala juga dalam menjaga suhunya.

Artinya ketika hal itu terjadi, ada kemungkinan juga kita mengalami dehidrasi maupun hipotermia. Baca juga AMS ya :)

Nah, serem juga kan akibatnya jika kita kehabisan air saat beraktivitas outdoor. Oia.. air disini bukan hanya berupa air yang sebenar-benarnya air, tapi bisa juga diperoleh dari jenis makanan yang mengandung air. Misalnya jenis buah-buahan. Makanya bagi yang suka mendaki dengan membawa buah-buahan itu bisa jadi nilai plus.

Perlu kita ketahui, bahwa pada umumnya digunung sulit mendapatkan sumber air, makanya lebih baik kita persiapkan semuanya itu dari bawah sebelum memulai pendakian.

Jadi inget Prinsip 5W + 1 H

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)