10 Maret 2014

Gunung Merapi Kembali Menggeliat Hari Ini

Yes Outdoor : Dari Yogyakarta dilaporkan bahwa hari ini 10 Maret 2014 Gunung Merapi yang berada diperbatasa DIY dan Jawa Tengah sedikit menggeliat dengan dua kali menghembusan asap.

Kejadian tersebut  pertama kali pada sekitar puul 06.54 WIB dengan ketinggian hembusan asap mencapai 1,5 kilometer ke udara.

Setelah mereda, beberapa jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 10.23, Merapi kembali menghembusankan nafas dengan skala yang lebih kecil.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTKG), Subandrio mengatakan, pada hembusan pertama, abu vulkanik yang disemburkan Merapi seharusnya mengarah ke wilayah barat gunung.

"Kami mendapatkan laporan, abu vulkaniknya terlihat di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten," kata Subandrio, Senin 10 Maret 2014.

Semoga aktivitas Merapi kali ini bukan suata pertanda akan kembali melakukan aktivitas besar seperti beberapa tahun lalu.

Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya Gunung Merapi juga pernah menunjukkan aktivitasnya pada tanggal 18 Nopember 2013 lalu dengan mengeluarkan letusan freatik yang dipicu adanya peningkatan aktivitas di kawah Merapi akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan sekitar puncak Merapi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)