27 Maret 2014

Gunung Merapi Aktiv Lagi!

Yes Outdoor : Seperti diketahui bersama, gunung Merapi masih sering terlihat menunjukkan aktivitasnya. Bahkan pada hari ini,  Merapi sempat menguap,tetapi statusnya masih dinyatakan "aktif normal" seperti yang diungkapkan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Subandriyo.

Embusan yang terjadi hari ini tidak bisa diperkirakan ketinggiannya karena memang adanya keterbatasan visual yang diperoleh dari gunung tersebut.

"Setelah terjadi embusan, kami putuskan Merapi tetap normal," ujarnya.

Akibat dari adanya embusan dari puncak merapi yang disertai abu tersebut, diperkirakan bisa mencapai  radius 7 kilometer dari puncak kearah selatan tenggara atau mengarah ke Klaten.

"Untuk ketinggian kami belum bisa memastikan berapa, namun untuk hujan abu maksimal 7 kilometer ke arah selatan tenggara," ujarnya.

Embusan tersebut merupakan rentetan dari aktivitas gunung Merapi pasca terjadinya erupsi pada 2010 silam, dengan sering terjadinya pelepasan gas dari perut Merapi, karena kandungan gas di dalam Merapi sangat tinggi.

Embusan bisa juga terjadi karena adanya gempa tektonik dan juga sering dipicu dengan adanya gempa vulkanik dari gunung Merapi ini. Meski demikian, masyarakat disekitar gunung Merapi diminta untuk tetap tenang dan tidak perlu mengungsi pada saat ini. Apabila ada informasi terbaru akan disampaikan kepada publik.

Semoga gunung Merapi tidak benar-benar menunjukkan aktivitasnya seperti 2010 silam.
.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)