06 Februari 2014

Perhatian! Awas Hujan, Badai dan Kabut


Yes Outdoor : Belakangan ini cuaca ektrim masih saja terjadi diberbagai wilayah. Khusus untuk para pendaki gunung sekali lagi diingatkan untuk lebih waspada dan selalu mengutamakan keselamatan jika ingin mendaki.

Bahkan beberapa gunung secara resmi juga ditutup untuk pendakian. Selain faktor cuaca tersebut, pemulihan ekosistem adalah salah satu tujuannya setelah sekian lama banyak pendakian dilakukan hingga akhir tahun 2013 atau bahkan awal Januari 2014 ini.

Mengingat pendakian dimusim hujan seperti ini tidak hanya menuntut kekuatan fisik dan kelengkapan alat pendakian, tetapi menuntut juga pertimbangan dan keputusan yang tepat serta kemampuan lebih untuk membaca keadaan sekitar (cuaca).
Utamakan faktor keselamatan pendakian

Tentu kita masih ingat dengan banyaknya tragedi   kecelakaan di hutan/gunung mulai dari kasusnya Shizuko, Welirang dan kemarin ada lagi 10 pendaki gunung Sindoro yang juga  terkena imbas dari cuaca buruk.

Dari pendakian yang saya lakukan sepanjang Januari hingga Februari ini serta informasi dari teman-teman, rata-rata mereka menyebutkan badai, kabut dan hujan. Kenapa bisa begitu? Ya, memang lagi musimnya kali :)

Pokoknya tetap jadi pendaki yang dewasa yang bisa mengambil keputusan dan sikap tepat dalam menyikapi keadaan dilapangan. Tujuannya ya itu tadi.. keselamatan perjalanan/pendakian.

Dan ingat ini :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)