20 Januari 2014

Pendakian Gunung Bongkok 4-5 Januari 2014

Suasana pagi
Yes Outdoor : Duh, telat deh nulis kisah perjalanan pendakian di Gunung Bongkok pada 4-5 Januari 2014. Maklum sejak beberapa bulan terakhir jadwal & agenda pekerjaan sangat padat.

Gunung Bongkok adalah salah satu puncak dari pegunungan Sawal yang ada di daerah Ciamis dengan ketinggian sekita 1784 Mdpl.

Meskipun puncaknya tidak  terlalu tinggi, tetapi track yang kita lalui menuju kepuncaknya tergolong bagus dengan berbagai kombinasi kemiringan dan jenis tumbuhan yang ada.

Saya pribadi menilai track di gunung Bongkok ini seperti gambaran track gunung-gunung yang lebih tinggi seperti Ciremai, Gede dan juga gunung Slamet, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pengenalan medan bagi para pendaki pemula.
Foto Bareng di Puncak Gunung Bongkok

Khusus untuk mata air, jalur yang kita lalui saat mendaki benar-benar mengingatkanku pada lokasi mata air gunung Slamet di Pos 5 yang terletak disebelah kiri jalur pendakian. Hal yang sama juga kita dapati di gunung Bongkok.

Pendakian yang dilakukan bersama teman-teman dari KPGBS dan diikuti oleh 15 peserta serta tambahan 3 orang tersebut benar-benar jadi cerita perjalanan yang jadi pengisi waktu padat jadwal kerjaan kemarin.

Salah satu tenda yang berdiri diantara rimbunnya tumbuhan
Pendakian tersebut melalui desa Cihaurbeuti dan memakan waktu sekitar 3 jam dari desa. Meskipun jalur pendakian cukup basah setelah sebelumnya diguyur hujan dan sempat ada miss communication, tetapi akhirnya bisa dilalui dengan banyak cerita dan canda sepanjang perjalanan kepuncak Bongkok.

Sebelum tengah malam, akhirnya sampai juga kami di puncak gunung Bongkok. Sebuah puncak yang tidak terlalu luas dan menjadi tempat tumbuhnya pepohonan yang rimbun disebuah bibir jurang. Sesaat kemudian setelah saling memberi salam,  kami mendirikan tenda, membuat api, masak air dan mie untuk mengisi perut sekaligus menghangatkan tubuh kami.

Makan besar pagi hari :)
Meski puncaknya tidak terlalu luas dan tenda terpisah di tiga lokasi berbeda kami  masih bisa berkomuniasi dengan sesama rekan perjalanan. Menjelang sunrise,  geliat kehidupan mulai terlihat dengan suara-suara pendaki. Sebagian menyiapkan makan pagi dan ada juga yang berpose foto narsis.. haha.. sudahlah.

Pendakian ke puncak gunung Bongkok itu merupakan perjalanan singkat, tetapi mampu memberikan kesan yang dalam, khususnya saya pribadi yang kebetulan baru pertama kali di rute itu dan sedang mempersiapkan pendakian ke Gunung Slamet *baca berikutnya ya - Tentang Pendakian Gunung Slamet* ditengah padatnya jadwal kerja.


Salah satu yang perlu diperhatikan dan "suka" menjadi perhatian kita adalah pacet yang hidup disana, jadi.. ah.. sudahlah.. tentunya tahu seperti apa menghadapinya :)

Peta Lokasi

10 komentar:

  1. woyyy bangun bangun udah jam 4 nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Awas jurig alias hantu *Sepenggal kisah pendakian Ciremai :)

      Hapus
  2. anjritt dket imah aing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjiiir.. tatangga yeuh? deket kebon mang Unang nya?

      Hapus
  3. wah wajib dicoba, tiasa nyuhunkeun informasi anu langkung jentre teu kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa hubungi ke +6281323655117 bro (y) makasih

      Hapus
  4. gunung bongkok..., itu kampung halamanku , sekitar 25 tahun yang lalu aku pernah mendakinya, setiap pulang kesana sebenarnya aku ingin kembali mendaki, tapi nggak ada temen, aku emang orang sana, kaki gunung bongkok, tapi aku dibesarkan di daerah sumatra, duh jadi kangen ingin pulang.....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okelah, segera pulang kampung & mendaki sekaligus menikmati keindahan alam gunung Bongkok (y)

      Hapus
  5. Serius ini gunung bongkok ?? Serius cocok buat pemula ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan.. boleh dicoba tuh :) ini bukan yg di purwakarta ya.. tapi daerah ciamis

      Hapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)