03 Januari 2014

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Tenda

Yes Outdoor : Dalam melakukan suatu perjalanan dan aktivitas outdoor yang memakan waktu lama, tenda merupakan satu peralatan yang penting. Lalu, bagaimana kita mengetahui ciri-ciri tenda yang cocok untuk kebutuhan kita? Mungkin hal-hal berikut bisa dijadikan kriterianya :

1. Bahan Tenda
Sebaiknya kita memilih bahan tenda yang terbuat dari nylon yang kuat sehingga bisa memberikan kenyamanan, khususnya dalam hal kemampuan menjaga suhu didalam tenda.

2. Memiliki Cover atau FlysheetTenda untuk pendakian gunung harus mempunyai lembar cover atau flysheet yang bisa mengcover tenda bagian luar, sehingga akan melindungi body tenda itu sendiri, khususnya saat terjadi hujan atau badai.

Dengan adanya flysheet atau cover ini, maka tenda kita akan memiliki dua layer yaitu cover/flysheet di bagian luarnya dan body tenda dibagian dalamnya.

Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan dan udara lembab, flysheet yang bagus adalah yang mengcover seluruh tenda hingga ke bagian bawahnya.

Perhatikan juga jarak body tenda dengan bagian flysheet-nya. Pilihlah tenda dengan jarak flysheet tidak terlalu dekat dengan body tenda, karena jika terlalu dekat kemungkinan body tenda *misalnya* bisa terkena resapan air hujan yang disertai badai saat body tenda tersebut bersentuhan dengan flysheet secara langsung karena tiupan angin kencang dan jarak yang rapat dengan body tenda.

3. Tinggi Tenda
Tinggi tenda biasanya ditentukan oleh fungsi dan kegunaan tenta tersebut. Maksudnya adalah, tenda yang didesain untuk mendaki gunung umumnya memiliki ketinggian yang lebih rendah daripada tenda untuk camping. Hal tersebut dimaksudkan agar tenda pendaki mampu bertahan dalam tiupan angin yang kencang yang biasanya lebih dahsyat daripada ditempat camping.

4. Memiliki Pasak dan Tali
Pastinya kita menginginkan tenda bisa berdiri kokoh meskipun dalam cuaca ekstrim seperti saat badai dan hujan. Nah untuk itu, body tenda wajib diperkuat oleh pasak yang dilengkapi oleh tali-tali penguat.

5. Memiliki Teras
Hal ini mungkin sebagai opsional, tetapi dengan adanya teras di tenda kita, maka kita akan memiliki ruang lebih luas didalam, atau kita bisa juga digunakan untuk menyimpan alas kaki dan peralatan lain disitu.

Teras tenda juga bisa dijadikan dapur tenda, sehingga kita bisa melakukan aktivitas cooking  saat cuaca hujan dan tidak mungkin memasak diluar tenda.

6. Bentuk Tenda
Untuk jenis kegiatan pendakian, umumnya tenda jenis dome menjadi pilihan terbaik, daripada jenis tenda pramuka.

7. Warna

Meskipun bukan sebuah point yang vital, tetapi pemilihan warna tenda terkadang juga menjadi satu hal yang perlu mendapat perhatian serius.

Untuk orang-orang tertentu warna menjadi suatu hal yang tidak bisa disepelekan. Disini kita sebaiknya memilih tenda yang memiliki warna sesuai dengan warna kita, sehingga saat menggunakan tenda tersebut akan merasa nyaman dan tidak tersiksa dengan warna yang tidak sesuai dengan selera kita.

8. Bahan Alas Tenda
Banyak yang berpikiran, bahan terpal lebih bagus, padahal tidak menjamin. Sudah banyak kejadian tenda yang bawahnya memakai bahan terpal tidak menjamin bebas dari rembesan air, contohnya bahan yg dipakai di tenda ultralight (sejenis nylon), walaupun tipis tapi bisa menahan rembesan air.

untuk menyiasati bahan yang tipis, bisa digunakan footprint tenda untuk mengurangi gesekan dengan tanah atau material bawah tenda

9. Volume dan Ukuran

Dengan pertimbangan kenyamanan dalam hal membawanya, kita perlu memperhatikan voume tenda kita, yaitu berapa orang yang bisa menempati tenda tersebut saat digunakan.

Ukuran ini akan tergantung dari volume tenda kita, semakin besar tentunya beban dari tenda juga semakin berat. Artinya adalah semakin besar volume maka kita akan semakin susah membawanya dan juga semakin berat.

Semakin besar tenda, terkadang juga menciptakan masalah lain dalam hal mencari space ruang untuk mendirikan tenda tersebut.

Demikianlah sekelumit point yang layak diperhatikan dalam memilih sebuah tenda untuk kita gunakan dalam kegiatan outdoor.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)