13 Desember 2013

Gunung Ciremai, Pesona Puncak Tertinggi Jawa Barat

Yes Outdoor : Gunung Ciremai ( 3.078 mdpl ) merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Barat yang masih aktif dan bertipe Strato.

Secara administratif gunung Ciremai berada di tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai ( TNGC ) ini memiliki luas sekitar 15.000 hektare.

Apabila kita mendaki gunung Slamet di Jawa Tengah, maka ketika mencapai puncaknya akan bisa melihat gunung Ciremai ini yang berada jauh dari gunung lainnya.

Gunung Ciremai memiliki beberapa rute yang bisa dipilih untuk mendaki kearah puncak tertinggi Jawa Bareat ini yaitu :
1. Jalur Linggarjati  disebelah timur
2. Jalur Palutungan disebelah selatan,
3. Jalur Maja melalui Apui dan lewat Argalingga disebelah barat


Biasanya dalam mendaki Gunung Ciremai kita akan membutuhkan waktu sekitar 8 - 11 jam dan 5 - 6 jam untuk turun. Sebaiknya kita persiapkan perbekalan dan juga air yang mencukupi untuk perjalanan kita, karena kita akan sulit menemukan sumber air sedangkan jalur yang kita lewati termasuk ekstrim.

Jang lupakan juga untuk memperhatikan peralatan dan perlengkapan kita, karena bisa jadi kita harus bermalam/ngecamp dalam perjalanan mendaki ataupun menuruni gunung Ciremai.

Sebaiknya kita memilih waktu pendakian pada musim kemarau, sehingga medan dan cuaca lebih bersahabat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)