27 Desember 2013

2 Gunung 2 Korban Dalam Waktu Hampir Bersamaan


 
Yes Outdoor : Kemarin 25 Desember 2013, dalam waktu hampir bersamaan di dua lokasi berbeda terjadi insiden pendakian yang merenggut nyawa 2 korban dari Bekasi yakni Shizuko Rizmadhani di  Gunung Gede dan Endang Hidayat yang menghembuskan nafas akhirnya di gunung Semeru.

1. Shizuko Rizmadhani

Shizuko Rizmadhani, adalah siswa Kelas X SMAN 6 Bekasi, yang menghembuskan nafas terakhir di gunung Gede setelah terkena hipotermia.

Korban meninggal didalam tenda dengan kondisi pakaiannya yang basah. Hal itu disampaikan oleh bang Idhat Lubis yang merupakan salah satu aktivis Green  Ranger.

"Pakaiannya basah. Kami menemukan dia di Pos Kandang Batu, langsung kita bawa turun ke bawah."

Ada yang menginformasikan bahwa basahnya pakaian korban adalah dari   tumpahan air minum yang diberikan rekan sependakiannnya dalam upaya menyembuhkan korban dari hypothermia yang tertumpah, tapi ah.. sudahlah..

Meski sempat terjadi kontroversi akan musibah tersebut antara tim SAR dan  rombongan korban pendaki tersebut dalam melakukan evakuasi, tetapi sebaiknya itu tidak perlu menjadi pertentangan dan saling menyalahkan. Karena semua pihak punya tanggung-jawab masing-masing.


2. Endang Hidayat

Endang Hidayat adalah seorang pendaki Gunung Semeru, asal Jalan Carita C No. 199 Blok VII, RT 06, RW 08, Sepanjang Jaya Rawa Lumbu Bekasi yang dilaporkan meninggal dunia, pada Rabu (25/12/2013), sekira pukul 18.00 WIB.

Menurut informasi Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari, korban yang naik dari Pos Ranupane Rabu siang dilaporkan meninggal dunia di Pos Waturejeng sekira pukul 18.00 Wib. "Diduga karena sakit, penyebab pastinya masih belum diketahui".

Dalam hal melakukan pendakian, sudah bukan rahasia diperlukan persiapan yang matang dari semua pelakunya serta menguasai ilmu atau seni pendakian yang meliputi unsur pribadi maupun medan/alam sekitar. Jangan pula kita lupakan perlunya P3K.

Kita tidak mengetahui sepenuhnya apa yang terjadi kemarin, tetapi hendaknya hal itu menjadi pelajaran yang mahal untuk kita para penggiat kegiatan outdoor menyikapi dan menyiapkan segala hal dalam melakukan suatu pendakian, meskipun dilokasi yang sudah kita kenal sekalipun, karena dari pengalaman pribadi meskipun melakukan pendakian pada satu lokasi yang sama ceritanya akan selalu berbeda. Artinya, kita harus selalu siap dengan apapun yang terjadi dan mempersiapkan pendakian sebagai sesuatu  yang wajib.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)