09 November 2013

Wanadri Akan Menggelar Ekspedisi Kayak di Aceh




Yess Outdoor : Kabarnya, Wanadri akan melakukan ekspedisi mengarungi Sungai Krueng Kluet di Nangroe Aceh Darussalam menggunakan kayak dan akan menempuh jarak hingga 50Km. Ekspedisi tersebut menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan April - Mei tahun 2014.

Pengarungan sungi yang masuk dalam area Taman Nasional Gunung Leuser tersebut diperkirakan akan menghabiskan waktu hingga 40 hari. Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua Umum Ekspedisi, Muhammad Togaf di Sekretariat Wanadri, Kamis (31/10).

Misi dari kegiatan tersebut adalah untuk  membangkitkan kegiatan olahraga arus deras di Indonesia.

"Sebenarnya Olahraga arus deras dan kayak itu ada di Indonesia. Sayang, saat ini masih kurang banyak orang yang tahu karena ekspedisinya masih sedikit,"

Selain inisiasi, lanjut Togaf, ekspedisi yang beranggotakan 24 orang itu juga dimaksudkan untuk membuka informasi seluas-luasnya mengenai potensi alam di sekitar kawasan eksplorasi.

Tim tersebut juga bakal melakukan pendataan sungai, habitat hingga kondisi sosial masyarakat yang dilintasi sungai Kluet.

Kawasan  sekitar Sungai Kluet yang masih menjadi bagian Taman Nasional Gunung Leuser diketahui memiliki kekayaan sumber daya alam, namun karena medan yang sulit, banyak peneliti enggan masuk ke wilayah sana.

"Untuk mencapai titik awal pengarungan saja, Kami harus membuka jalur selama 6 hari. Kita bisa bayangkan bagaimana asri serta kayanya potensi biodivesitas di sana,".

Manajer operasional ekspedisi, Reva Sumeru menambahkan, demi menyukseskan ekspedisi Kluet pihaknya telah melakukan latihan di beberapa sungai di Jawa seperti Cimandiri, Citarum dan Cicatih.

Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk  menambah kemampuan serta jam terbang pengarung, hingga memberikan simulasi ekspedisi.

Tim inipun berencana melakukan pengarungan sungai Progo di Jawa Tengah, "Walaupun grade-nya sedikit berbeda, namun pengarungan di Sungai Progo bisa menjadi simulasi untuk di Kluet. Kalau dihihitung, latihan untuk ekspedisi ini sekitar 5-6 bulan, " cetus Reva yang merupakan anggota tim termuda (17 tahun).

Dalam ekspedisi Krueng Kluet Wanadri telah bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti TNI-AD dan Basarnas menyoal faktor keamanan serta upaya evakuasi korban jika terjadi kecelakaan.

Disamping itu, organisasi penggiat alam asal Bandung itu juga bakal menggandeng Pemerintah Daerah setempat untuk masalah koordinasi perijinan hingga aksesbilitas.

Melihat dari persiapan dan keseriusan mereka, hal ini bisa menjadi contoh untuk para penggiat kegiatan outdoor. Apapun jenis kegiatannya, persiapan dan manajemennya harus benar-benar matang.

Salut untuk Wanadri.

Baca juga : Wisata Arung Jeram

2 komentar:

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)