06 November 2013

Pendaki Merapi Yang Hilang Akhirnya Berhasil Ditemukan Oleh Tim SAR


Yess Outdoor : Selasa (5/11) 2013 kemarin Tim SAR Klaten berhasil menemukan seorang pendaki yang terpisah dari rombongannya dan tersesat  di Jurang Kadangan, sekitar Pos 2  Pendakian gunung Merapi dari jalur Deles.  Mereka berhasil menghampiri Rico (survivor) tersebut sekitar pukul 10:00.

Kejadian tersesatnya Rico konon  ketika dia memisahkan diri dari teman-temannya karena adanya badai yang membuat dia terpisah dengan rombongan pada saat mereka turun dari puncak gunung Merapi.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh rekannya Afi Kartika yang mengatakan bahwa "Saat turun, dia memilih jalur kiri yang pasir, sedangkan kami memilih jalur kanan yang berbatu. Kata dia lebih enak dan lebih cepat. Dia sendirian. Rico sudah beberapa kali naik Merapi karena dia anak pecinta alam. Namun setelah semalam menunggu di basecamp Selo, dia tidak kunjung datang".

Mereka berpisah disekitar pasar bubrah yang sore itu yang kebetulan mulai turun hujan. Hingga akhirnya  sampai di basecamp Selo dan menunggu Rico setelah sekian lama tidak kunjung tiba.

Hingga hari berganti, Rico tidak kunjung datang di basecamp Selo. Temen-temannya, kemudian berinisiatif untuk mencari survivor yang dimungkinkan berteduh saat hujan, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (4/11/2013).

Namun sesampai Pasar Bubrah, Rico tidak dapat ditemukan. Kemudian mereka turun dan mengabari petugas basecamp jika rekannya telah hilang.

Saat itu Rico tidak membawa handphone maupun alat penerangan yang kebetulan ia titipkan pada rekannya yang lain.

Sisi positive yang bisa kita ambil dari kisah tersebut adalah bahwa, setiap pendaki harus mempersiapkan segala sesuatu secermat mungkin. Peralatan dan perlengkapan adalah sebagai media yang bisa memudahkan dan menunjang keselamatan dalam suatu pendakian.

Kebiasaan memotong jalur sebaiknya perlu dipertimbangkan lagi sebelum melakukannya, kecuali kita telah benar-benar mengenal medan yang sedang kita hadapi.

Ingatlah bahwa pendakian yang sukses adalah ketika kita berhasil mencapai puncak dan kembali lagi ke peradaban kita dengan selamat.

Bagaimana menurut kawan-kawan?
.

2 komentar:

  1. Masbro...salam kenal....ane Rico...
    Hehehe
    Kayake ane bukan misah gitu...tp kena badai
    Mbak Afi soale udah turun di pasar bubrah...jadi mungkin kurang akurat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mas bro Rico :) wah bener tuh? Ok.. ok.. berarti terpisah dari rombongan karena terkena badai ya?

      Btw, thanks infonya, salam kenal kembali

      Hapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)