24 November 2013

Medan dan Deli Serdang Hujan Abu Vulkanik Gunung Sinabung


Yes Outdoor : Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara merasakan hujan abu vulkanik yang bersumber dari letusan gunung api Sinabung di Kabupaten Karo sejak Sabtu malam hingga Minggu dinihari, 24 November 2013.

Hujan abu vulkanik yang terjadi sejak pukul sepuluh malam tersebut  dapat dilihat dengan sorotan lampu penerangan kendaraan.

Hujan abu yang yang terjadi semalam belum begitu menganggu, karena kebetulan cuaca di Kota Medan yang sejak Sabtu sore hingga malam, diguyur hujan.

Sejak Sinabung mengalami erupsi pada 3 November 2013, ini adalah kali pertamanya warga di Kota Medan dan Deli Serdang, merasakan tebaran hujan abu vulkanik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan Gunung Sinabung mengalami erupsi tiga kali pada Sabtu malam. Erupsi pertama terjadi pukul 21.26 WIB, lalu disusul pada pukul 21.38 WIB, dan pukul 22.02 WIB. Erupsi Sinabung disertai hujan batu kecil.

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunung Berapi merekomendasikan empat desa harus kosong yaitu Desa Kutagunggung, Kutarakyat, Sigarang-garang dan Sukanalu dikosongkan segera. TNI beserta aparat lain sedang mengerahkan armada truk menuju sasaran melaksanakan evakuasi warga."
Dengan pengosoangan empat desa, jumlah pengungsi akan bertambah, sebelumnya tercatat 6.301 jiwa (1.983 KK).

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)