05 September 2013

Tips Survival Hutan : Jenis Tumbuhan

Yess Outdoor : Hello Outdoor Lover, kali ini sedikit kita ulas tentang survival yuk. Gak usah yang berat berat, tapi yang ringan-ringan aja. Biar gak tegang :)

Sebelumnya kita pasti telah tahu apa itu arti survival. Survival sendiri  berasal dari kata Survive yang artinya kurang lebih mampu mempertahankan diri/hidup dari keadaan tertentu. Yang dimaksud disini adalah mampu mempertahankan diri dari keadaan ektreme yang buruk dan kritis.
Welcome to the jungle

Demikian sedikit arti dari kata survival, yang pastinya bisa dijabarkan dalam kalimat berbeda, tetapi akan memiliki benang merah yang sama, yaitu mampu bertahan hidup.

Apabila kita suka melakukan aktivitas dialam khususnya hutan, salah satu hal yang perlu kita pelajari adalah teknik survival hutan. Untuk bisa bertahan pula tentunya tubuh kita butuh asupan makanan yang mungkin saja bukan dari perbekalan yang kita bawa karena (misalkan) kita telah kehabisan bahan makanan tersebut.

Murbei
Nah untuk itu kita perlu sedikit mengetahui ciri-ciri jenis tumbuhan yang bisa kita gunakan untuk bertahan hisup selain hewan yang mungkin lebih susah untuk kita tangkap. Dan dalam keadaan tersebut, kita harus bisa mengontrol diri untuk tetap tenang dan jangn terlalu panik yang berlebihan.

Berikut ini ciri-ciri tumbuhan yang harus dihindari untuk kita konsumsi :

1. Hindari tumbuhan yang membuat kita gatal
Sebaiknya kita menghindari tumbuhan jenis ini, karena dengan kita merasakan gatal di kulit artinya tumbuhan tersebut memiliki zat yang tidak baik untuk tubuh kita.

*Gesekkan tumbuhan kita di kulit kita dari yang paling sensitive seperti pipi, leher ke bagian yang kepekaannya lebih kecil seperti lengan. Apabila terasa gatal/panas, hindari untuk mengkonsumsinya





2.Jangan memilih tumbuhan yang berbulu
Banyaj tumbuhan dihutan yang berbulu diseluruh bagiannya. Tumbuhan jenis ini umumnya sangat sulit atau tidak bisa dicerna oleh tubuh kita. Jika dipaksakan maka akan berakibat buruk pada oragan pencernaan kita.

3.Tumbuhan yang buah atau daunnya dimakan monyet bisa dikonsumsi
Apabile kita "beruntung" melihat monyet atau hewan primata lain memakan daun atau buah dari suatu jenis tumbuhan tertentu, maka bisa dipastikan bahwa kita juga bisa menikmatinya :)

Daun Semanggi

4. Daun Semanggi
Jenis tumbuhan ini memiliki daun yang bisa kita konsumsi. Tumbuhan jenis ini mudah kita temukan di hutan-hutan di Indonesia.

5.Selaginella
Merupakan jenis tumbuhan yang banyak terdapat dihutan. Daun tumbuhan ini berukuran kecil dan mirip daun paku-pakuan, karena tumbuhan ini juga termasuk dalam keluarga tumbuhan paku.

6. Ilalang
Adalah salah satu jenis tumbuhan liar yang bisa kita temukan dialam. Tumbuhan ini bisa kita konsumsi akarnya yang memiliki rasa manis.

7. Rotan
Selaginella
Hah? Rotan? Iya, ternyata rotan memiliki bagian yang bisa kita konsumsi. Bagian dari rotan yang bisa kita konsumsi adalah buahnya. Coba dah, kalau kebetulan bertemu rotan, kita cari buahnya, tapi hati-ati dengan duri dibagian tumbuhan ini. Pengin tau rasanya? Cari dulu deh ya.. hehe.. sedikit asem sih, tapi kadang juga ada rasa manisnya.

Selain buah, batang rotan konon juga bisa kita konsumsi. Batang rotan juga bisa menyimpan air yang kita butuhkan. Selain menyimpan air, batangnya bila kita panaskan dengan membakan atau digarang maka kita bisa mengonsumsi isi batang rotan tersebut.

Lumut Hati
8.Lumut
Lumut, selain bisa menyimpan ait juga bisa kita konsumsi. Umumnya yang biasa dipilih adalah lumut hati yang memiliki daun lebih lebar.

9. Murbai

Murbai adalah salah satu buah favorit yang bisa kita konsumsi. Memiliki rasa asam ataupun manis. Kalau kita beruntung, maka akan bisa menemukannya di hutan. Pilih yang berwarna merah - kehitaman.



Cantigi
10. Cantigi
Tumbuhan yang banyak tumbuh dipuncak-puncak tingi ini, memiliki dan dan buah yang bisa kita konsumsi.

Pastinya masih ada banyak jenis tumbuhan hutan yang bisa kita konsumsi. Semoga kita bisa terus belajar dari alam dengan mengenalnya lebih dekat.
 

6 komentar:

  1. Kalau dari jenis hewan, apakah ada yang bisa kita makan pada saat survival di hutan ?

    Terimakasih atas jawaban yang diberikan.

    Salam kenal,

    Agus Fanani

    BalasHapus
  2. Trims udah mampir kesini. Untuk jenis binatang, "jika beruntung" kita bisa menangkap ikan, atau kelinci, ular, jenis burung/unggas ataupun babi hutan dan lainnya selama kita bisa menangkapnya. Atau mau daging tikus? :)

    BalasHapus
  3. Makasih ya atas sharenya dapat menambah pengetahuan
    salam kenal dari Manisan kolang kaling

    BalasHapus
  4. Makasih kembali mas jang :) terima kasih sudah mampir kesini & Manisan kolang kaling nya... boleh juga tuh untuk buka puasa

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. ciyee.. yang kemarin ketemu HOR 1 :) ijin culik interviewnya yak.. hehe

      Hapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)