14 September 2013

Tips Perawatan Tas Backpack atau Ransel

Yess Outdoor : Sebagai aktivis maupun pecinta kegiatan outdoor bisa dipastikan kita sangat akrab dengan yang namanya tas carrier ataupun ransel. Setelah kita meminang tas untuk menjadi teman perjalanan kita, tentunya kita juga wajib menyayanginya dong :)

Tas sebagai kontainer yang mengangkut semua peralatan dan kebutuhan kita selama melakukan perjalanan ini tentunya membutuhkan perawatan yang bijaksana.

Pastinya udah banyak dan sering mendengar bagaimana cara merawat dan membersihkan tas kesayangan kita supaya bisa bertahan lama (awet) dan selalu tampil cantik :)

Ini tips yang biasa saya lakukan, setelah menggunakannya dalam suatau perjalanan/kegiatan lapangan :
  1. Keluarkan semua isi tas
  2. Bersihkan tas dari semua material yang mungkin tertinggal didalamnya. Bisa dengan cara membalikkannya kearah bawah. Pstikann tidak ada yang tersisa didalam tas kita.
  3. Sikat/bersihkan punggung/body tas dengan kain lembut/kaos untuk mengurangi friksi dengan body tas yang bisa merusak materi tas.
  4. Sediakan air secukupnya dalam ember, dan gosokkan kembali body tas dengan kain lembut yang kita basahi (direndam) di air, tanpa menggunakan sabun ataupun deterjen. Lakukan dengan lembut dan ulangi hingga terlihat bersih.
  5. Setelah semua kelihatan bersih, keringkan tas dengan cara mengangin-anginkan, bisa digantung hingga kering ditempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung.
  6. Setelah kering, simpan tas kedalam kantong plastik besar.
  7. Untuk menghindari dari jamur, jangan disimpan ditempat lembab, kita juga bisa memberinya kapur barus.
Yup, demikianlah cara perawatan yang biasa saya pakai :)


1 komentar:

  1. Makasih bro. Tips ini udah ane praktekkan dan hasilnya maknyuus. Mantap dah

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)