14 September 2013

Taman Ajaib, Taman Nasional Komodo

Yess Outdoor : Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara dikenal sebagai habitat asli hewan komodo.
Taman Nasional Komodo
Pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintah pusat Republik Indonesia dan berada di sebelah timur pulau Sumbawa.

Secara administratif, pulau Komodo berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain menjadi keajaiban sebagai satu-satunya tempat populasi hewan komodo di dunia,  pulau Komodo ini juga menyimpan eksotisme lain yang juga ajaib. Lalu apa saja sih keajaiban pulau Komodo ini?

Pantai Berpasir Pink

Berbeda dengan kabanyakan pantai yang memiliki warna pasir cokelat atau putih, di pulau ini kita akan menemukan pantai dengan pasir berwarna pink! yang didunia ini hanya ada 7.
Pink Beach

Konon pasir pink ini berasal dari campuran pasir putih dan merah. Warna merah sendiri konon berasal dari serpihan koral merah yang hancur. Pantai Pink disanapun masih indah dan bersih.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan Asia dan Australia.


Snorkling
Selain itu, buat kita yang hobi snorkeling, di taman nasional ini  juga menjadi surganya ikan dan terumbu karang yang memiliki 253 spesies karang pembentuk terumbu, 70 spesies sponge, dan 1.000 spesies ikan. Di sanalah tempat hidup dugong, hiu, 14 jenis paus, lumba-lumba, dan kura-kura.

Spesies Komodo

Hewab jenis kadal raksasa ini termasuk hewan purba yang masih tersisa di dunia dan dilindungi oleh undang-undang.

Komodo
Komodo pertama kali ditemukan tahun 1910 oleh Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi Bogor pada masa itu.

Untuk diketahui, bahwa  populasi komodo saat ini hanya bisa ditemukan di Indonesia. Di Pulau Komodo terdapat sekitar 2.500 ekor komodo yang masuk dalam IUCN Red List of Threatened Species.

Wow.. fantastic .

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)